DAMPAK PENGEMBANGAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT TERHADAP PERPINDAHAN PENGGUNA MODA TRANSPORTASI PRIBADI MENJADI TRANSPORTASI UMUM

1801411016, Raihan Wibawa Putra (2022) DAMPAK PENGEMBANGAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT TERHADAP PERPINDAHAN PENGGUNA MODA TRANSPORTASI PRIBADI MENJADI TRANSPORTASI UMUM. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II sampai Bab IV] Text (Bab II sampai Bab IV)
BAB II - BAB IV (DENGAN LAMPIRAN).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel Ilmiah-Raihan Wibawa Putra-1801411016.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (878kB) | Request a copy

Abstrak

TOD merupakan alternatif dalam mengatasi permasalahan kemacetan di kota-kota besar. Pengembangan kawasan TOD memiliki banyak manfaatnya, jika didesain secara tepat. Salah
satunya yaitu, pengelolaan Kawasan yang mengedepankan terhadap variabel pejalan kaki, konektivitas dan titik transit. Tujuan TOD pada dasarnya adalah menghubungkan moda transportasi dari stasiun atau terminal dengan bangunan atau kawasan yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan Kawasan TOD terhadap perpindahan pengguna moda transportasi pribadi menjadi moda transportasi umum dengan variabel walking, connecting dan transit berdasarkan persepsi masyarakat, serta permasalahan eksisting pada Kawasan berbasis TOD Dukuh Atas. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan bahwa variabel walking, connecting dan transit berdampak terhadap perpindahan pengguna moda transportasi pribadi menjadi transportasi umum sebesar 51%. Serta karakteristik masyarakat yang berpindah penggunaan transportasi umum dari kendaraan pribadi didominasi oleh pengguna kendaraan roda 2 sebesar 62% dan juga jumlah perjalanan dalam 1 minggu menggunakan transportasi umum didominasi sebanyak 2 – 3 kali. Dengan kata lain, pengembangan TOD belum menarik pengguna kendaraan roda 4 untuk beralih menggunakan moda transportasi umum, serta belum menarik masyarakat menggunakan transportasi umum untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, TOD Dukuh Atas belum
berdampak secara signifikan terhadap perpindahan pengguna moda transportasi pribadi menjadi moda transportasi umum.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Raihan Wibawa
Date Deposited: 20 Aug 2022 06:36
Last Modified: 20 Aug 2022 06:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item
View Item