KORELASI NILAI DCP DENGAN CBR LAPANGAN PADA PROYEK JALAN TOL CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN) SEKSI V–B

4117110014, Mochamad Rafi Rifani (2022) KORELASI NILAI DCP DENGAN CBR LAPANGAN PADA PROYEK JALAN TOL CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN) SEKSI V–B. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JUDUL, PENDAHULUAN, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 - Bab 4))
ISI (BAB 2 - BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Artikel_Mochamad Rafi Rifani.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (3MB)

Abstrak

Kekuatan struktur perkerasan jalan bergantung pada daya dukung tanah. Perkerasan jalan yang tidak mempunyai kekuatan akan mengalami kerusakan, maka dalam perencanaan konstruksi jalan, penyelidikan tanah perlu dilakukan untuk memperoleh parameter tanah berupa kekuatan tanah. Data mengenai kapasitas daya dukung tanah diperoleh melalui nilai CBR (California Bearing Ratio). Terdapat dua metode untuk mendapatkan nilai CBR pada pengujian lapangan yaitu dengan DCP (Dynamic Cone Penetrometer) dan CBR mekanis. Untuk mengantisipasi kekurangan pengujian dan menggambarkan ketelitian pada kedua metode tersebut perlu dilakukan uji korelasi dengan mengecek besarnya persentase penyimpangan yaitu menganalisis hubungan antara nilai CBR-DCP dengan CBR Mekanis. Pada penelitian ini dilakukan uji korelasi dan regresi linier sederhana dengan uji statistik pada proyek Jalan Tol CISUMDAWU (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi V-B. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan kuat berpola positif antara nilai CBR-DCP dengan CBR mekanis, artinya semakin baik nilai CBR yang diperoleh dengan alat DCP maka semakin baik nilai CBR mekanis. Persamaan korelasi antara nilai CBR-DCP dan CBR mekanis didapatkan hasil Y=1.003X+10.074 dengan variabel dependen sebesar ±1,307. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data pada titik yang berbeda dengan jarak berdekatan. Saran penelitian selanjutnya agar dapat dihasilkan data yang lebih representatif antara dua uji tersebut dengan dilakukan pada titik yang sama dan jumlah sampel lebih banyak.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Mochamad R. Rifani
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:14
Last Modified: 11 Aug 2022 07:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item
View Item