DESAIN PONDASI TIANG PANCANG PADA PILAR PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBRANGAN ORANG DI WADUK LEBAK BULUS

1801411024, Sopyan Efendi Nurdiansyah (2022) DESAIN PONDASI TIANG PANCANG PADA PILAR PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN PENYEBRANGAN ORANG DI WADUK LEBAK BULUS. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I + BAB V] Text (BAB I + BAB V)
Bab 1 + 5 _ GT _ Sopyan Efendi Nurdiansyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV + LAMPIRAN] Text (BAB II - BAB IV + LAMPIRAN)
Bab 2 - 4 + Lampiran _ GT _ Sopyan Efendi Nurdiansyah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Paper _ GT _ Sopyan Efendi Nurdiansyah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (571kB)

Abstrak

Pondasi adalah struktur bagian paling bawah dari suatu konstruksi yang berfungsi untuk menyalurkan beban vertikal di atasnya maupun beban horizontal ke tanah. Pondasi tiang dibuat menjadi satu kesatuan yang monolit dengan menyatukan pangkal tiang pancang yang terdapat dibawah konstruksi dengan tumpuan pondasi. Daya dukung tanah adalah kemampuan tanah untuk menahan beban konstruksi serta dianalisis agar pondasi tidak mengalami keruntuhan geser (shear failure) dan penurunan berlebih. Berdasarkan hasil analisis likuifaksi yang dihitung pada kedalaman yang ditinjau dikatakan tidak terjadi likuifaksi dengan nilai angka aman 68,01. Sedangkan hasil analisis daya dukung pada proyek pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang di Waduk Lebak Bulus STA 0+024 yang direncanakan oleh penulis dengan konfigurasi 2 tiang dimensi 40 x 40 cm dengan jarak antar tiang 3 D dengan kedalaman yang ditinjau pada kedalaman 6 m didapatkan Daya Dukung Aksial untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 75,85 ton dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 162,03 ton yang dihitung menggunakan metode Schmertmann – Nottingham. Sedangkan Daya Dukung Lateral untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 15,31 ton dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 32,70 ton yang dihitung menggunakan metode Broms. Penurunan yang terjadi untuk tiang tunggal didapatkan hasil sebesar 24,95 mm dan untuk tiang grup didapatkan hasil sebesar 3,45 mm. Berdasarkan hasil analisis stabilitas tiang pancang dinyatakan aman atau stabil terhadap beban-beban yang bekerja.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Sopyan Efendi Nurdiansyah
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:54
Last Modified: 10 Aug 2022 03:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item
View Item