PERANCANGAN SECONDARY PACKAGING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK ROTEA

1806421061, Naila Raisya (2022) PERANCANGAN SECONDARY PACKAGING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK ROTEA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi dan Pembukaan Bab 1 dan Penutup Bab 5] Text (Bagian Identitas Skripsi dan Pembukaan Bab 1 dan Penutup Bab 5)
Bagian Identitas Skripsi dan Pembukaan Bab 1 dan Penutup Bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2-4)] Text (Isi (Bab 2-4))
Isi (Bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Rotea merupakan salah satu bidang usaha kuliner yang menyajikan berbagai jenis produk makanan dengan bahan dasar roti. Jenis makanan yang dijual pada usaha Rotea ini diantaranya, roti john, pizza, dan burger. Namun, usaha Rotea ini belum memiliki kemasan sekunder yang memadai untuk produknya. Rotea hanya menggunakan kantong plastik saat mengemas produknya sehingga terdapat keluhan dari customer pada saat dibawa oleh driver online, posisi roti sudah miring dan sampai di tangan pelanggan dalam keadaan kurang baik. Hal tersebut tentu berdampak langsung kepada kenyamanan para konsumen dalam membeli produk Rotea. Oleh karena itu, diperlukan perancangan secondary packaging untuk usaha Rotea sebagai salah satu upaya dalam menciptakan kemudahan dan kenyamanan para pembeli. Selain dalam segi fungsional, visual pada kemasan yang menggambarkan citra dari Rotea tentu dapat membantu dalam upaya melakukan promosi sehingga produk dapat memiliki nilai jual lebih dan juga meningkatkan daya saing produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang meliputi metode pengumpulan data berupa studi literatur, observasi, wawancara, hingga kuesioner. Pada arahan kreatif, tone and manner yang terdapat pada kemasan sekunder produk Rotea ialah modern, simple, dan fun. Elemen desain grafis yang terdapat pada kemasan diantaranya tipografi sans serif, penggunaan warna solid, layout simetris, dan gaya desain memphis. Prinsip desain grafis yang diterapkan ialah prinsip emphasis, dan irama. Hasil dari perancangan desain kemasan tersebut diaplikasikan ke beberapa media diantaranya media utama yaitu kemasan sekunder produk Rotea dengan material art carton 230 gr dengan laminasi doff yang berukuran 21 x 13 x 29 cm dan media pendukung lainnya. Harapan dari perancangan secondary packaging adalah memudahkan target market Rotea dalam membawa produk Rotea di perjalanan dan membantu dalam upaya berpromosi brand Rotea.
Kata Kunci: Kemasan Sekunder, Modern, Simple, Fun

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email naila.raisya.tgp18@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:46
Last Modified: 10 Aug 2022 03:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item
View Item