PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL TOEKANG NASI

1806421032, Maulidina Rochesteria Andi (2022) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL TOEKANG NASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan, BAB I, BAB V] Text (Pendahuluan, BAB I, BAB V)
Pendahuluan, Bab I, Bab V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi BAB II] Text (Isi BAB II)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi CV. Century Utama Lestari melakukan diversifikasi usaha dengan membuat brand baru dengan nama Toekang Nasi, diversifikasi ini dilakukan sebagai upaya untuk menjual produknya secara langsung dengan kepada konsumen tanpa harus melewati sistem tender. Namun saat ini brand Toekang Nasi belum memiliki identitas visual samasekali sebagai sebuah tanda pengenal yang dapat diaplikasikan ke dalam kemasan maupun media promosi, serta sebagai pembeda dengan CV. Century Utama Lestari dan kompetitor lainnya. Hal ini membuat Toekang nasi sulit dikenali dan dibedakan dengan produk lainnya. Oleh karena itu agar dapat dikenal, diingat serta dibedakan dengan kompetitor lain dibutuhkan perancangan identitas visual untuk brand Toekang Nasi sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan berupa wawancara, observasi, studi literatur dan kuesioner sebagai data pendukung. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan matrix SWOT dan menghasilkan creative brief sebagai acuan dalam perancangan identitas visual brand Toekang Nasi. Perancangan dilakukan menggunakan metode design thinking dengan melewati tujuh proses yaitu define, research, ideate, prototype, select, implement hingga learn. Konsep visual yang didapatkan adalah tradisional minimalis dengan gaya outline. Hasil dari perancangan ini berupa logo dengan jenis name and symbol atau combination logo, bentuk logo berupa bapak-bapak yang mengenakan udeng atau ikat kepala khas Jawa Timur dengan nasi rames di tangannya. Ilustrasi dalam logomark dibuat menggunakan gaya outline, warna yang digunakan dalam logo adalah merah dan hitam dan font yang digunakan pada lettermark adalah Pacifico Regular yang termasuk ke dalam jenis font script dengan gaya handwriting serta elemen gambar pendukung berupa pattern dan tekstur kertas. Desain logo Toekang Nasi kemudian disusun ke dalam graphic standard manual. Dengan perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness konsumen dan target market terhadap brand Toekang Nasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Maulidina Rochesteria Andi
Date Deposited: 10 Aug 2022 05:22
Last Modified: 10 Aug 2022 05:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item
View Item