PERANCANGAN MEDIA PROMOSI JASA TITIP JEPANG MUCHUU DANE

1806421022, Naura Salsabila (2022) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI JASA TITIP JEPANG MUCHUU DANE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2-Bab 4).pdf] Text
Isi (Bab 2-Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Salah satu model bisnis yang lahir dan banyak ditemui melalui media baru adalah jasa titip atau yang biasa dikenal dengan ‘jastip’. Berdasarkan Jakpat survey ada sekitar 81% dari 2.406 responden, yang sadar akan adanya kegiatan layanan Jastip. Alasan terbanyak dalam menggunakan layanan jastip ini adalah kemudahanya dalam memesan melalui media sosial khususnya Instagram. Muchuu Dane merupakan salah satu jasa titipan pembelian berbagai macam produk Jepang seperti kebutuhan hobbies & lifestyle khususnya mainan yang eksklusif dengan barang-barang Jepang seperti produk dari Bandai, Tamiya, Yahoo auction, rakuten, amazon dan marketplace lainnya. Namun Muchuu Dane hanya memiliki logo dan memasarkannya dengan foto produk seadanya tanpa keterangan informasi produk maupun harga serta belum memiliki desain yang khas sehingga cenderung sulit untuk mendapatkan kepercayaan customer baru untuk melakukan pembelian di Muchuu Dane. Maka diperlukan media promosi yang dapat menjangkau target audience secara luas agar konsumen membeli dan memilih Muchuu Dane sebagai layanan jastip Jepang yang dapat dipercaya, salah satunya melalui media Instagram Ads. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif deskrip¬¬¬tif melalui wawancara dengan pemilik Muchuu Dane, kuesioner kepada target audience, observasi, dan studi literatur dengan topik terkait. Dalam perancangan ini media digital sangat diperlukan untuk menjangkau konsumen yang memiliki minat pada produk-produk Jepang. Hasil perancangan ini melalui tahapan-tahapan design thinking yaitu ideate dengan mindmap, moodboard, serta sketsa, prototype, select, implementation dan learn yang dibuat berdasarkan arahan kreatif dan SWOT serta yang menghasilkan poster digital bertemakan dinamis kuat dengan bubble wrap yang melambangkan kepercayaan dan keamanan dari jasa titip Muchuu Dane serta tambahan unsur desain pattern dan simbol budaya Jepang yang eye-catching. Desain perancangan media promosi Muchuu Dane dibuat agar target audience membeli dan memilih Muchuu Dane sebagai layanan jastip Jepang yang dapat dipercaya.

Kata Kunci: Media Promosi, Desain Grafis, Jasa Titip Jepang, Iklan Poster.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Naura Salsabila
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:06
Last Modified: 08 Aug 2022 07:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item
View Item