PEMBUATAN ASET 3D KARYA SENI DAN ENVIRONMENT PADA PLATFORM VIRTUAL EXHIBITION

4617040029, Muhammad Azhar Lazuardi (2021) PEMBUATAN ASET 3D KARYA SENI DAN ENVIRONMENT PADA PLATFORM VIRTUAL EXHIBITION. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Muhammad Azhar Lazuardi - 4617040029 - Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 2-4] Text (Bab 2-4)
Muhammad Azhar Lazuardi - 4617040029 - Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Muhammad Azhar Lazuardi - 4617040029 - Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (634kB)

Abstrak

Guncangan stabilitas perekonomian akibat pandemi membuat aspek kehidupan bermasyarakat mengalami perubahan drastis. Sebagian masyarakat khususnya seniman lukis tidak dapat menjual karyanya karena peniadaan pameran konvensional di tengah pandemi ini. Padahal, pameran tersebut merupakan wadah bagi mereka untuk dapat memperdagangkan hasil karya seninya kepada masyarakat umum. Oleh sebab itu, dibutuhkan wadah digital yang dapat menampung karya para seniman tanpa diperlukan sebuah pertemuan tatap muka di dalamnya.
Rancang bangun pameran virtual 3D ini berfokus pada pembuatan aset tiga dimensi sebuah gedung galeri beserta karya seni itu sendiri yang ditampung dalam bentuk platform repository dan disajikan menggunakan 3D virtual exhibition. Metode penelitian yang dicanangkan adalah pendekatan Multimedia Development Life Cycle yang dipopulerkan oleh Luther-Sutopo. Tiap karya seni dibuat menyerupai wujud aslinya meliputi bentuk, warna, dan tekstur. Selain itu, tampilan interior pada aula pameran dirancang untuk menampung karya seni di dalamnya. Kedua hal tersebut dibangun dalam software pengolah grafis tiga dimensi yakni Cinema 4D untuk digabungkan pada pembuatan 3D virtual exhibition.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 91,67% dari 9 orang responden merasa sebuah pameran virtual memiliki atmosfer yang sama dengan pameran konvensional pada umumnya. Selain itu, wujud aset karya seni 3D yang identik dengan bentuk aslinya membuat pameran virtual dapat merepresentasikan sebuah galeri di dunia maya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Muhammad Azhar Lazuardi
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:17
Last Modified: 02 Sep 2021 01:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item
View Item