PENGARUH RELIGIUSITAS DAN REPUTASI BANK TERHADAP INTENSI MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kecamatan Medan Tembung)

4517030010, Mutiara Hasri Munthe (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN REPUTASI BANK TERHADAP INTENSI MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kecamatan Medan Tembung). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas_Mutiara Hasri Munthe_ABT8B_4517030010.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi (Bab 2-4)_Mutiara Hasri Munthe_ABT8B_4517030010.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Mutiara Hasri Munthe_ABT8B_4517030010.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (316kB)

Abstrak

MUTIARA HASRI MUNTHE. Pengaruh Religiusitas dan Reputasi Bank terhadap Intensi Menabung pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kecamatan Medan Tembung). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara religiusitas dan reputasi bank terhadap intensi menabung pada Bank Syariah Indonesia. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi Bank Syariah Indonesia dalam memperhatikan reputasi. Dengan demikian, intensi masyarakat dalam menggunakan produk syariah semakin luas di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif serta populasi mahasiswa dari dua perguruan tinggi di kecamatan Medan Tembung dan perhitungan sampel menggunakan unknown population. Sehingga jumlah sampel sebanyak seratus responden. Dalam teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan accidental sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R², uji T, dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS 22 for windows. Model persamaan regresi Y = 45.527 - 0,155 X1 - 0,683 X2 + e sudah layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel religiusitas (X1) memberikan pengaruh terhadap intensi menabung (Y) sebesar 4%, sedangkan variabel reputasi bank (X2) memberikan pengaruh terhadap intensi menabung (Y) sebesar 37%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 38,4% intensi menabung dipengaruhi oleh religiusitas dan reputasi bank sedangkan sisanya 61,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini seperti pendapatan, promosi, pengetahuan, kepercayaaan, dan lain sebagainya.

Kata Kunci: Intensi Menabung, Religiusitas dan Reputasi Ban

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Mutiara Hasri Munthe
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:59
Last Modified: 06 Apr 2022 07:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item
View Item