PEMBUATAN APLIKASI LABORATORIUM VIRTUAL TEKNOLOGI VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP

4617040013, Sisma Dewi Wahyuniastuti (2021) PEMBUATAN APLIKASI LABORATORIUM VIRTUAL TEKNOLOGI VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
JURNAL PEMBUATAN APLIKASI LABORATORIUM VIRTUAL TEKNOLOGI VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (774kB)
[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Bab 1, Bab 5, Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Kehadiran Virus Corona-19 (Covid-19) sejak tahun 2020 lalu berimbas pada sektor pendidikan, dimana hingga saat ini pembelajaran hanya bisa dilakukan secara virtual atau daring. Masa pandemi Covid-19 saat ini menuntut kita agar pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan dengan interaktif dan sebaik mungkin. Permasalahan yang cukup rumit adalah bagaimana menghadirkan pembelajaran praktikum (terutama untuk pendidikan vokasi) yang interaktif dan memudahkan mahasiswa dalam menerima materi. Maka perangkat media pembelajaran ini hadir untuk menjadi solusi dengan cara membuat laboratorium virtual interaktif dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR). Simulasi praktikum pada laboratorium virtual disini meliputi mengenal dasar-dasar kamera, mempelajari angle, shoot, dan motion kamera sebagai teknik dasar pengambilan gambar dalam menggukan kamera video. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah dalam memahami materi teknologi video. Proses pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Mulitimedia Development Life Cycle). Visualisasi object menggunakan animasi 3D. Untuk pembuatan aplikasi menggunakan Unity 3D, dan Blender untuk pembuatan asset. Output atau hasil yang akan ditampilkan dalam pembuatan media pembelajaran ini yaitu dapat menampilkan object kamera serta detail informasinya dan simulasi pembelajaran tentang teknik dasar menggunakan kamera dengan menggunakan perspective fps.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Sisma Dewi Wahyuniastuti
Date Deposited: 28 Oct 2021 01:37
Last Modified: 28 Oct 2021 01:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item
View Item