PEMBUATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS OBJECT DETECTION DAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “FARMLAND”

4617040016, Ardy Jabbar Hasan Harahap (2021) PEMBUATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS OBJECT DETECTION DAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF “FARMLAND”. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
4617040016_Ardy Jabbar Hasan Harahap_HalamanIdentitasSkripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab II sd Bab IV] Text (Isi Bab II sd Bab IV)
4617040016_Ardy Jabbar Hasan Harahap_Isi Skripsi (BAB II & IV).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of JURNAL SKRIPSI_4617040016_Ardy Jabbar Hasan Harahap.pdf] Text
JURNAL SKRIPSI_4617040016_Ardy Jabbar Hasan Harahap.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (444kB)

Abstrak

Aspek yang yang harus diperhatikan pada konsep pendidikan pada anak yaitu metode dan media pembelajaran. Terutama materi tentang keberagaman buah�buahan dan sayuran yang masih menggunakan metode berupa media tulisan
maupun gambar digital yang sederhana yang membuat anank-anak cenderung kurang menikmati materi tersebut. Oleh sebab itu, diciptakan media edukasiinteraktif augmented reality berbasis object detection dengan platform android. Augmented Reality (AR) pada dasarnya adalah sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi taupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata yang kemudian dapat diproyeksikan melalui platform yang digunakan. Dalam media edukasi interaktif ini memiliki fitur yaitu augmented reality dengan object detection menggunakan image marker sehingga pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk menampilkan objek 3D berupa buah - buahan dan sayuran dengan menggunakan marker based yaitu dengan gambar atau poster digital. Media edukasi interaktif ini nantinya akan dilengkapi video animasi 2 dimensi sebagai visualisasi penyampaian materi buah-buahan dan sayuran agar visualisasi penyampaiannya dapat merangsang daya imajinasi dan rasa keingintahuan pada anak dan motivasi belajar semakin berkembang. Proses pembuatan media edukasi tersebut menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Ardy Jabbar Hasan Harahap
Date Deposited: 27 Oct 2021 05:52
Last Modified: 27 Oct 2021 05:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item
View Item