PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI OJEK SYAR’I BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

4817070747, Ilham Saiful Azis (2021) PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI OJEK SYAR’I BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (300kB)

Abstrak

Perusahaan Gojek dan Grab merupakan transportasi online yang termasuk besar di
Indonesia. Perusahaan tersebut sangat membantu serta memudahkan masyarakat
Indonesia untuk berpergian ke suatu tempat. Dari sekian banyak masyarakat yang
menggunakan jasa perusahaan tersebut, perempuan merupakan konsumen terbesar
dibandingkan laki – laki. Tidak sedikit pula terjadi kasus pelecehan dalam penggunaan
transportasi online terhadap perempuan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya kesempatan
yang ada, salah satunya penumpang yang menggunakan jasa transportasi online ini
perempuan. Tujuan penelitian ini adalah membuat dan mengusulkan ide solusi dengan
menerapkan fitur pengemudi dan penumpang akan di pertemukan berdasarkan gender
yang sama serta penumpang dapat memilih kendaraan sesuai jenis kendaraan (Sport,
Motor Bebek, Skuter Matik dll) karena tidak sedikit penumpang yang menggunakan rok
ataupun gamis. Maka dari itu penulis memberikan nama Ojek Syar’I karena penumpang
dipertemukan sesuai dengan gender Metode yang digunakan penelitian ini adalah design
thinking yaitu mengumpulkan mengidentifikasi data temuan, mendefinisikan dan
mengembangkan ide solusi, implementasi ide solusi ke bentuk desain prototype serta
melakukan pengujian, evaluasi desain aplikasi, dan implementasi kedalam code XML.
Hasil pengujian desain aplikasi dilakukan oleh 25 responden usability testing
menghasilkan 97,5% tingkat keberhasilan dan memperoleh nilai skor usability testing
desain aplikasi pengemudi yaitu 85 dan desain aplikasi penumpang 79. Kemudian nilai
skor usability scale sebesar 89 sehingga desain aplikasi dapat diterima dan mudah untuk
digunakan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Ilham Saiful Azis
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:18
Last Modified: 07 Oct 2021 03:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item
View Item