STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN KEMASAN MAKANAN MENGGUNAKAN SWOT-AHP-BMC (Studi Kasus: PT X)

5017010012, Veronica Lusianna Sitohang (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PERUSAHAAN KEMASAN MAKANAN MENGGUNAKAN SWOT-AHP-BMC (Studi Kasus: PT X). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identias Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4] Text (Bab 2 - Bab 4)
ISI BAB 2 sd BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip artikel ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (676kB)

Abstrak

Dalam dunia bisnis, pengembangan strategi adalah hal pokok yang perlu dilakukan pelaku bisnis sebagai langkah peningkatan bisnis dan mampu menggungguli persaingan pasar. Pada penelitian ini PT X belum memiliki strategi pengembangan bisnis yang tepat sesuai posisi dan keadaan perusahaan untuk mencapai goals perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengembangan bisnis perusahaan yang tepat sesuai matriks grand strategy yang mewakili kondisi lingkungan perusahaan dan menciptakan usulan model bisnis perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SWOT-AHP dan Business Model Canvas. Analisis SWOT digunakan untuk menentukan strategi yang tepat menyesuaikan kondisi lingkungan perusahaan sedangkan metode AHP digunakan sebagai metode pembobotan strategi dan formulasi strategi prioritas perusahaan. Selanjutnya metode Business Model Canvas bertujuan untuk mendeskripsikan model bisnis yang tepat bagi perusahaan berdasarkan analisis SWOT-AHP. Data diperoleh dari wawancara pakar, brainstorming dengan pakar dan penilaian pakar melalui kuisioner. Pakar pada penelitian ini dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini diperoleh 9 alternatif strategi dan 7 usulan pengembangan dari 7 blok BMC sesuai sifat perusahaan yang tumbuh dan membangun dan strategi defensif. Alternatif strategi teratas ialah mengedepankan jalinan kerjasama dengan bisnis online dan bisnis makanan (bobot 0,29) serta 7 blok yang mengalami pengembangan yaitu; Customer segments, key partnership, key activities, cost structures, channels, customer relationship dan revenue streams.
Kata Kunci : AHP, BMC, EFE, IFE,SWOT

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 686 Produksi percetakan dan aktivitas terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.P.S Veronica Lusianna Sitohang
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:27
Last Modified: 05 Oct 2021 03:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item
View Item