Pembuatan Map Permainan dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Perlin Noise

4817070811, Laila Lutfiah (2021) Pembuatan Map Permainan dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Perlin Noise. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (534kB)

Abstrak

Game adalah program komputerisasi yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks atau dengan tujuan hiburan. Dalam perkembangannya, pembuatan konten suatu game dapat menggunakan metode Procedural Content generation (PCG). Konten-konten yang dimaksud dapat berupa map, misi pada permainan, tekstur visual, karakter, vegetasi, beberapa set aturan, dan dinamika bangunan serta permukaan daratan. Metode PCG bisa diterapkan dengan menggunakan algoritma Perlin Noise sebagai pembentuk texture utama. Algoritma Perlin Noise berperan sebagai pembentuk texture utama map yang dikembangkan sehingga membentuk simulasi permukaan yang menyerupai daratan, pegunungan, atau dasar laut. Proses penciptaan permukaan ini dapat disebut sebagai terrain generation. PCG juga dapat digunakan sebagai suatu alat yang dapat melengkapi kreativitas manusia saat merancang desain suatu peta. Selain identik dengan multimedia, game juga tidak lepas dari pemrograman. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus pada pengembangan game dengan genre top-down shooter yang berupa sebuah perkotaan dengan wabah zombie dan menggunakan bahasa pemrograman javascript. Penelitian ini juga mengimplementasikan hal-hal yang pernah dipelajari pada grafika pemrograman komputer pada saat kuliah. Hasil dari aplikasi ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana hiburan dan diharapkan dapat membantu memberikan pengaruh positif serta mengurangi depresi dan stress terhadap pengguna aplikasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Laila Lutfiah
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:05
Last Modified: 26 Aug 2021 01:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item