PENERAPAN PRINSIP EKONOMI KATA PADA NASKAH VIDEO BERITA BERFORMAT RE-EDIT DI OKEZONE.COM PERIODE 10–16 APRIL 2021

1806321099, Arinto Purnomo Wibowo (2021) PENERAPAN PRINSIP EKONOMI KATA PADA NASKAH VIDEO BERITA BERFORMAT RE-EDIT DI OKEZONE.COM PERIODE 10–16 APRIL 2021. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Bab 2 s.d. Bab 4)
Isi_Bab 2 s.d. Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (44MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul Pendahuluan Penutup_Identitas TA.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Jurnalisme visual dewasa ini menjadi tren media daring dalam penyajian berita. Agar penyampaian berita lebih mudah, lebih hidup, dan menyenangkan pembaca, media menggunakan sarana berupa infografis, ilustrasi, foto, ataupun video. Tayangan berupa gambar dan suara bukan hanya ditangkap oleh satu indera pembaca, melainkan dua indera sekaligus, yakni dilihat dan didengar.
Okezone.com menyajikan video berita dengan dua format berbeda. Pertama, video yang menampilkan teks keterangan isi berita dan gambar bergerak rekaman peristiwa dan wawancara. Sementara pada format kedua, teks keterangan isi berita diganti dengan rekaman suara (voice over). Format kedua ini lazim disebut format Voice Over-Soundbite on Tape (VO-SOT) dalam jurnalisme televisi (Morissan, 2008:36).
Durasi tampilan antarteks keterangan isi berita ini rata-rata 6 detik. Oleh sebab itu, teks harus benar-benar ringkas dan mudah dipindai, namun informasinya tetap dapat diterima dengan jelas oleh pengunjung situs. Hal ini juga berpengaruh pada ketertarikan penonton dalam membaca teks pada video berita sebagaimana yang dikemukakan Andy Bull (2015:80).
Menurut Bull, pengunjung media daring tidak banyak membaca. Mereka tidak membaca setiap kata dan menghindari blok teks yang panjang. Sebagai gantinya, mereka memindai (scan) teks. Pengunjung melihat judul/teras dan selanjutnya memutuskan apakah informasi dalam berita layak dibaca atau tidak bagi mereka. Oleh karena itu, jurnalis media daring perlu membuat teks bekerja untuk para “scanner” – sehingga teks harus bisa dipindai (scannable) atau dibaca sekilas. Agar hal itu dapat terpenuhi, naskah berita harus dibuat singkat dan jelas, yaitu dengan memperhatikan keefektifan penggunaan kata.
Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin meneliti lebih jauh bagaimana penerapan prinsip ekonomi kata pada naskah video berita di Okezone.com. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “Penerapan Prinsip Ekonomi Kata pada Naskah Video Berita Media Daring Okezone.com Periode 10-16 April 2021”.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 401 Filsafat dan teori bahasa
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 404 Topik khusus bahasa
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 406 Organisasi dan manajemen (terkait bahasa)
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Arinto Purnomo Wibowo
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:59
Last Modified: 22 Sep 2021 07:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item
View Item