5017070453, Indah Kusumawati (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNTUK BRAND UDAKU KITCHEN YANG MENYAJIKAN MEAL BOX DENGAN KEMUDAHAN, FRESH, ALAMI, DAN KUALITAS PREMIUM HARGA TERJANGKAU. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Identitas Awal_Indah Kusumawati DG8E.pdf
Download (3MB)
Halaman Isi_Indah Kusumawati.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (5MB)
JURNAL_INDAH KUSUMAWATI.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (663kB)
Abstrak
Identitas visual membantu sebuah brand untuk menyampaikan citra/identitas serta positioning brand kepada target market dan membangun persepsi masyarakat akan brand tersebut. Identitas visual menciptakan pembeda di antara pesaing, meningkatkan brand awareness dan membantu membangun customer loyalty. Identitas visual bagi UMKM menjadi salah satu kunci untuk membantu kesuksesan jangka panjang dan perkembangan usaha di tengah ketatnya persaingan. UDAKU KITCHEN merupakan UMKM yang berdiri pada awal tahun 2020 dan bergerak dalam bidang kuliner. Sejak awal berdiri, UDAKU KITCHEN telah dihadapkan dengan persaingan yang ketat dengan banyaknya kompetitor yang sudah lama berdiri maupun yang baru akan memulai bisnisnya. Kini produk terlaris UDAKU KITCHEN adalah meal box yang menunya dapat dipesan by request dan harga serta jumlah minimum pemesanannya dapat didiskusikan. Selain adanya perubahan positioning, berdasarkan wawancara terhadap owner dan konsumen loyal UDAKU KITCHEN didapatkan data bahwa owner dan empat dari enam konsumen UDAKU KITCHEN beranggapan bahwa desain yang digunakan oleh UDAKU KITCHEN sejauh ini kurang menarik, biasa saja dan belum memiliki ciri khas yang merepresentasikan citra/identitas serta positioning dari UDAKU KITCHEN. Hal tersebut dikarenakan UDAKU KITCHEN belum memiliki sistem identitas visual yang baik. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur, strategi yang ditemukan adalah membuat logo dan identitas visual yang sesuai positioning UDAKU KITCHEN yakni meal box dengan kemudahan, fresh, alami, dan kualitas premium dengan harga terjangkau. Metode perancangan yang digunakan meliputi mind map, mood board, sketsa kasar dan halus, testing, developing, final artwork dan modelling. Identitas visual kemudian diaplikasikan ke dalam media pendukung seperti shop sign, kartu nama, kop surat, nota, apron dan banner untuk membantu meningkatkan brand awareness dan ketertarikan masyarakat.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 743 Gambar menurut subjek, menggambar menurut subjek |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | INDAH KUSUMAWATI |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:39 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3585 |