5016020059, Teguh Kurniawan (2021) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL BRAND RANURA SEBAGAI PEMBENTUKAN CITRA MEREK BARU. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI_TEGUH KURNIAWAN_5016020059_DG8A.pdf
Download (1MB)
ISI SKRIPSI_TEGUH KURNIAWAN_5016020059_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Artikel Jurnal_teguh kurniawan_5016020059_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (846kB)
Abstrak
Berenang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan tubuh, memperbaiki kualitas pernafasan, membakar kalori, dan mencegah penyakit. Selain itu juga, berenang kini sudah menjadi hiburan favorit ditengah masyarakat segala usia. Maka dari itu, saat ini banyak jenis alat pendukung renang yang dijual di pasaran, seperti pakaian renang. Salah satunya ialah merek produsen pakaian renang bernama Ranura milik bapak Irsan Suseno, yang terletak di Jl. Poin Mas, Pancoran Mas, Depok. Ranura fokus menawarkan produk pakaian renang yang dapat mengapung. Inovasi produk ini menjawab keresahan di kalangan masyarakat, dimana tidak sedikit terdapat berbagai kasus tenggelam saat berenang. Pada awalnya merek pakaian renang mengapung ini memiliki nama Safe Swim, yang membawakan konsep awal sebagai produk pakaian renang aman dan nyaman, yang dikususkan untuk anak-anak. Namun karena telah bermunculan pesaing dengan produk sejenis, yang membawakan konsep yang sama, maka dari itu pemilik akhirnya memutuskan untuk mengubah konsep merek sebelumnya sekaligus mengganti nama mereknya menjadi Ranura. Pemilik ingin konsep barunya dikenal dengan citra pakaian renang mengapung yang syar’i, sporty, dan trendy, sehingga bisa menjadi pembeda, dan lebih menunjukan tingkat kualitas pakaian renang yang dihasilkan. Namun karena identitas visual sebelumnya belum bisa merepresentasikan konsep baru, oleh karena itu perancangan ulang identitas visual Ranura diperlukan. Secara garis besar, proses desain ulang identitas visual ini menggunakan metode riset design thinking yang terdiri dari 7 proses desain seperti, define (mengolah brief klien), research (mencari data), ideate (brainstorming, mindmapping, moodboard, sketsa), prototype (alternatif desain), select (final artwork), implementation (proses pengaplikasian dan produksi), dan learn (client feedback). Dari metode tersebut dihasilkan karya berupa logo, buku pedoman identitas berupa Graphic Standard Manual (GSM), dan pengaplikasiannya pada label, katalog, banner, stationery dan merchandise. Dengan perancangan ulang identitas visual diharapkan mampu memperluas segmentasi pasar sehingga masyarakat lebih melihat Ranura sebagai pilihan yang tepat, berkualitas, dan tampil beda dengan para pesaingnya.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 797 Olahraga air dan udara |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Teguh Kurniawan |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:53 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3468 |