RANCANGAN USAHA PENYELENGGARA PAMERAN BRAND PARFUM LOKAL OLEH CV SPECTA EVENTMAKERS

2005413072, BAYU HERLAMBANG and 2005413074, CAMELIA AURORA ARDIANI and 2005413089, ATHIRAH AZIS (2025) RANCANGAN USAHA PENYELENGGARA PAMERAN BRAND PARFUM LOKAL OLEH CV SPECTA EVENTMAKERS. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of BAB 1, 2, 7, Daftar Pustaka, dan Lampiran] Text (BAB 1, 2, 7, Daftar Pustaka, dan Lampiran)
BAB 1, 2, 7, Daftar Pustaka, dan Lampiran.pdf

Download (17MB)
[thumbnail of BAB 3-6] Text (BAB 3-6)
BAB 3-6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

CV Specta EventMakers merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha event organizer yang berdiri pada tahun 2024 oleh 3 (tiga) orang mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta dengan program studi MICE yaitu Camelia Aurora Ardiani, Athirah Azis, dan Bayu Herlambang. Kami berdedikasi untuk menghadirkan pengalaman event pameran brand parfum lokal di Indonesia yang inovatif dan memukau sebagai produk utama kami. Perusahaan ini didirikan dengan visi untuk menjadi pemimpin dalam industri MICE kami menggabungkan kreativitas yang terbaru dengan teknologi terkini untuk membantu merek-merek parfum membangun hubungan yang mendalam dengan audiens mereka.

Produk utama CV Specta EventMakers adalah penyelenggaran event pameran brand parfum lokal “Enchanting Scents”. Event pameran ini melibatkan perdagangan di mana produk brand parfum lokal dalam jangka waktu terbatas dan di lokasi yang tidak tetap. Enchanting Scents menjadi event pertama yang akan diselenggarakan di Mbloc Space, Melawai, Jakarta Selatan dengan target 25 exhibitior. Dalam pelaksanaan event “Enchanting Scents” memiliki dua kategori program, yaitu main program yang merupakan booth dan supporting program berupa stage activity dan placement branding. CV Specta EventMakers juga memiliki produk pendukung yaitu jasa penyelenggara pop up booth di dalam komplek gedung perkantoran di Jakarta.

Berdasarkan hasil riset terkait minat dan kebutuhan exhibitor terhadap event pameran, ditemukan bahwa terada 20 brand parfum lokal yang tertarik dan 5 brand parfum lokal yang tidak tertarik untuk berpartisipasi. Ketertarikan ini didorong oleh keinginan setiap brand parfum lokal untuk memperkenalkan produk mereka secara langsung. Hal ini membuka peluang bagi CV Specta EventMakers untuk menyediakan platform bagi pelaku usaha guna memperkenalkan produk dan jasa mereka, serta melakukan penjualan langsung. CV Specta EventMakers akan menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan strategi pemasaran 8P (Product, Price, Place, People, Promotion, Process, Physical Evidence, Power of Connection).

Dalam prosesnya, CV Specta EventMakers memiliki modal awal sebesar Rp120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah) berasal dari investasi ketiga pendiri perusahaan yaitu, Camelia Aurora Ardiani selaku Direktur Utama sebesar Rp48.000.000,- (empat puluh delapan juta rupiah) atau 40% dari modal usaha, Athirah Azis selaku Direktur Pemasaran sebesar Rp36.000.000,- (tiga puluh enam juta rupiah) atau 30% dari modal usaha, dan Bayu Herlambang selaku Direktur Keuangan sebesar Rp36.000.000,- (tiga puluh enam juta rupiah) atau 30% dari modal usaha. CV Specta EventMakers menargetkan menyelenggarakan event sebanyak tiga kali pada tahun 2025, lima kali pada tahun 2026, dan tujuh kali pada tahun 2027. Hal ini diukur dari perhitungan trend pasar dan proyeksi penjualan CV Specta EventMakers.

CV Specta EventMakers membuat perencanaan keuangan untuk tiga tahun mendatang dengan tujuan menghitung dan meningkatkan laba setiap tahunnya. Berdasarkan analisis payback period (PP), perusahaan akan kembali modal pada 2 tahun 5 bulan 23 hari. Dengan Net Present Value (NPV) sebesar Rp 293.020.318, yang menunjukkan NPV lebih besar dari Nol (0) Rupiah, menandakan perusahaan ini dinilai layak dijalankan. Initial Rate of Return (IRR) tercatat sebesar 73,86%, berada dalam jangkauan 7,90% hingga 47,50%. Return on Investment (ROI) di tahun ketiga sebesar 77%, dan Profitability Index mencapai nilai 4.00. Berdasarkan hasil perhitungan ini, CV Specta EventMakers dinyatakan memenuhi syarat yang berlaku dan layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Par Bayu Herlambang
Date Deposited: 19 Nov 2025 03:33
Last Modified: 19 Nov 2025 03:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/33371

Actions (login required)

View Item
View Item