2102331028, Mauren Angela Saklil (2025) PERAWATAN PREVENTIF DALAM MENANGGULANGI PENYEBAB LOW FUEL PRESSURE PADA ENGINE C27 DI UNIT TRACK DOZER D10T. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of JUDUL, PENDAHULUAN DAN PENUTUP]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (JUDUL, PENDAHULUAN DAN PENUTUP)
            
              
Text (JUDUL, PENDAHULUAN DAN PENUTUP)
HALAMAN IDENTITAS.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of ISI BAB 2 sd BAB 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (ISI BAB 2 sd BAB 4)
            
              
Text (ISI BAB 2 sd BAB 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (Manuskrip)
            
              
Text (Manuskrip)
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (518kB)
Abstrak
Track Dozer D10T merupakan alat berat yang digunakan di industri pertambangan dan 
dilengkapi dengan engine C27. Penelitian ini dilakukan di PT Freeport Indonesia pada 1– 
24 Februari 2025 untuk menganalisis masalah low fuel pressure yang berdampak pada 
penurunan performa mesin dan potensi kerusakan komponen. Tujuannya adalah 
mengidentifikasi penyebab utama low fuel pressure menggunakan metode Root Cause 
Analysis (RCA) dan Fishbone Diagram. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif 
melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi, dan pengujian performa fuel filter. 
Hasil analisis menunjukkan bahwa tekanan bahan bakar rendah disebabkan oleh 
kontaminasi air dan partikel besi dalam bahan bakar, serta penyumbatan pada fuel filter 
akibat akumulasi kotoran. Keterlambatan preventive maintenance menyebabkan filter tidak 
diganti tepat waktu, memperburuk kondisi. Kontaminasi ini berasal dari penyimpanan 
bahan bakar yang buruk dan kurangnya inspeksi tangki. Setelah filter diganti, tekanan 
bahan bakar kembali normal dan performa mesin membaik. Oleh karena itu, penelitian 
merekomendasikan preventive maintenance yang tepat waktu, peningkatan peran operator 
dan mekanik dalam mendeteksi dini kerusakan, serta pembersihan rutin tangki bahan bakar. 
Pendekatan ini diharapkan dapat mencegah masalah serupa dan meningkatkan efisiensi alat 
berat.
| Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) | 
|---|---|
| Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan | 
| Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat D4 | 
| User ID Pengunggah: | S.Tr.T Mauren Angela Saklil | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:23 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:23 | 
| URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/33232 | 

