ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN DUO CONE SEAL PADA FINAL DRIVE OHT CATERPILLAR 775F

210233033, Muhammad Rafif Rizqullah (2025) ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN DUO CONE SEAL PADA FINAL DRIVE OHT CATERPILLAR 775F. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi BAB 2 s.d BAB 4] Text (Isi BAB 2 s.d BAB 4)
Isi BAB 2 s.d BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (279kB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Duo Cone Seal merupakan komponen kritis dalam sistem Final Drive Off Highway Truck Caterpillar 775F yang berfungsi mencegah kebocoran oli pelumas final drive dan oli brake. Kebocoran pada duo cone seal ini dapat menyebabkan mengurangi umur pakai komponen final drive, peningkatan suhu operasi, kerusakan pada brake yang tidak terlumasi oli dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab utama kebocoran oli pada Duo Cone Seal dan menganalisis pengaruh kondisi operasional terhadap kinerjanya. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis sistematis dengan diagram Fishbone untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebocoran. faktor penyebab kebocoran antara lain kontaminasi butiran pasir (environment), tidak menggunakan genuine part (material), proses assembly tidak tepat (man), operasi unit terus menerus (machine), tidak adanya maintenance terhadap duo cone seal (management). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan sistem Final Drive, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan memperpanjang umur operasi kendaraan. Penelitian ini juga akan memberikan wawasan penting mengenai pentingnya maintenance yang tepat pada duo cone seal dan proses assembly yang sesuai dengan SOP pabrikan. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengelolaan dan perawatan alat berat Off Highway Truck Caterpillar 775F di industri, serta mengurangi risiko kerugian operasional akibat kegagalan komponen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T Muhammad Rafif Rizqullah
Date Deposited: 23 Oct 2025 02:10
Last Modified: 23 Oct 2025 02:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/33171

Actions (login required)

View Item
View Item