PENGARUH PENERAPAN E-FILLING DAN BRAND AMBASSADOR DIREKTORAT JENDERAL PAJAK TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM PELAPORAN SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Wajib Pajak Pribadi di Kecamatan Cimanggis)

4517030050, Tasya Alifia (2021) PENGARUH PENERAPAN E-FILLING DAN BRAND AMBASSADOR DIREKTORAT JENDERAL PAJAK TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM PELAPORAN SPT TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Wajib Pajak Pribadi di Kecamatan Cimanggis). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (300kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara penerapan E-Filling dan Brand Ambassador terhadap kesadaran Wajib Pajak dalam pelaporan SPT tahunan pajak penghasilan Wajib Pajak orang pribadi. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi Wajib Pajak dalam memahami tentang perpajakan sehingga kedepannya bisa patuh dalam hal kewajiban perpajakannya. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif serta jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dengan metode pengambilan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari studi literatur dan penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Penelitian ini diuji dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) penerapan E-Filling berpengaruh secara signifikan sebesar 67,40% terhadap kesadaran Wajib Pajak, (b) Brand Ambassador berpengaruh secara signifikan sebesar 41,08% terhadap kesadaran Wajib Pajak (c) penerapan E-Filling dan Brand Ambassador berpengaruh secara signifikan sebesar 69% terhadap kesadaran Wajib Pajak, (d) koefisien determinasi sebesar 0,69. Hal ini berarti variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 69% dan 31% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini seperti sanksi pajak, pengetahuan pajak, pelayanan fiskus dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan E-Filling memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kesadaran Wajib Pajak orang pribadi di Kecamatan Cimanggis Depok.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Tasya Alifia
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:43
Last Modified: 29 Sep 2021 06:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item
View Item