Fadya, Zalfa (2025) PENGARUH GAYA HIDUP BERBELANJA DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSE BUYING PENGGUNA SPAYLATER PADA GENERASI Z DI DKI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zalfa Fadya Pendahuluan dan Penutup.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 dan Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zalfa Fadya Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zalfa Fadya Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (415kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup berbelanja dan flash sale terhadap impulse buying pada pengguna Spaylater di kalangan Generasi Z di DKI Jakarta. Fenomena impulse buying semakin relevan di era digital, didorong oleh kemudahan transaksi e-commerce dan fitur pembayaran seperti paylater. Survei Katadata Insight Center (2024) menunjukkan DKI Jakarta sebagai pengguna paylater terbanyak, dengan Spaylater menjadi pilihan utama (Populix, 2023). Namun, kemudahan ini juga memicu pembelian impulsif, di mana 69,9% Generasi Z pengguna paylater melakukan impulse buying (IDN Research Institute, 2024). Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden Generasi Z pengguna aktif Spaylater di DKI Jakarta, dipilih melalui purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berbelanja memiliki pengaruh signifikan positif terhadap impulse buying. Demikian pula, flash sale berpengaruh signifikan positif terhadap impulse buying. Secara simultan, gaya hidup berbelanja dan flash sale secara signifikan memengaruhi impulse buying. Koefisien determinasi R2 sebesar 33 % variasi impulse buying dijelaskan oleh kedua variabel ini, sementara 67% dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa gaya hidup berbelanja dan strategi flash sale merupakan pemicu kuat impulse buying di kalangan Generasi Z pengguna Spaylater.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4 |
User ID Pengunggah: | Zalfa Fadya |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 08:33 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32993 |