2105413057, Riyan Setiawan (2025) RENCANA USAHA PENYELENGGARA POP UP MARKET KOREAN POP CULTURE OLEH PT NARAYAN CREATIVE. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.
![[thumbnail of PT_NARAYAN_CREATIVE_FULL_(Watermark)[Bab I,II,VII].pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PT_NARAYAN_CREATIVE_FULL_(Watermark)[Bab I,II,VII].pdf
Download (11MB)
![[thumbnail of PT_NARAYAN_CREATIVE_FULL_(Watermark)[Bab III,IV,V,VI].pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PT_NARAYAN_CREATIVE_FULL_(Watermark)[Bab III,IV,V,VI].pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Abstrak
Indonesia merupakan salah satu negara dengan basis penggemar budaya Korea terbesar di dunia, dengan persentase mencapai 86,3%, mengungguli negara-negara lain seperti India (84,5%), Thailand dan Uni Emirat Arab (83,0%), serta Vietnam (82,9%), berdasarkan laporan dari The Ministry of Culture, Sports and Tourism Korea (2024). Fenomena Korean Wave atau Hallyu telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama kalangan generasi muda urban. Data dari Goodstats (2022) juga menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah fans K-Pop terbanyak di dunia, menjadikannya pasar strategis bagi industri hiburan Korea di kawasan Asia Tenggara.
Data pendukung tren ini terlihat pada grafik “Tren Popularitas Budaya Pop Korea di Indonesia Tahun 2022–2024” merupakan data olahan internal PT Narayan Creative yang disusun berdasarkan informasi publik dari sumber terpercaya, yakni Databoks Katadata (2024) mengenai perbandingan produk hiburan korea selatan yang disukai di Indonesia, serta Statista (2024) terkait tingkat popularitas produk kecantikan Korea (K-Beauty) di Indonesia dari tahun 2018 hingga 2024., yang menampilkan tiga segmen utama budaya pop Korea: K-Drama, K-Pop, dan K-Beauty. Popularitas K-Drama mengalami peningkatan signifikan dari 68% pada 2022 menjadi 75% pada 2024, mencerminkan daya tarik yang konsisten terhadap konten naratif Korea. K-Pop juga menunjukkan tren positif, meningkat dari 62% menjadi 68% dalam periode yang sama, sementara K-Beauty mengalami pertumbuhan lebih moderat, dari 56% ke 62%. Kenaikan ini menunjukkan adanya ekspansi minat lintas segmen, yang memperkuat posisi budaya Korea sebagai elemen penting dalam konsumsi hiburan dan gaya hidup masyarakat Indonesia. Grafik ini juga mencerminkan peluang komersial yang luas bagi pelaku industri kreatif yang mampu merespon dinamika pasar ini dengan pendekatan yang relevan dan inovatif.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | D4 riyan setiawan |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 04:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 04:17 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32633 |