PENGARUH AGE DIVERSITY DAN CONSUMER PROXIMITY TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019 - 2023

2104443012, Muhammad Raihan Ihsani (2021) PENGARUH AGE DIVERSITY DAN CONSUMER PROXIMITY TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019 - 2023. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi (Bab 2 - 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel SNAM_Muhammad Raihan Ihsani_2104443012_.pdf

Download (423kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Age Diversity dan Consumer Proximity terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi data panel. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling dari perusahaan manufaktur yang secara konsisten menerbitkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan dengan tabel acuan GRI 2021 selama lima tahun (2019 – 2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Age Diversity berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan CSR, mengindikasikan bahwa semakin besar rentang usia dalam dewan direksi justru dapat menghambat keterbukaan informasi CSR jika tidak dikelola dengan baik. Sebaliknya, Consumer Proximity tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR, meskipun secara teoriperusahaan dengan visibilitas tinggi di mata konsumen seharusnya lebih terbuka terhadap isu
sosial. Namun secara simultan, kedua variabel tersebut terbukti berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan CSR. Temuan ini menyoroti pentingnya sinergi antara karakteristik internal dan eksternal perusahaan dalam mendorong
keterbukaan informasi keberlanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Raihan Ihsani
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:03
Last Modified: 09 Sep 2025 02:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32606

Actions (login required)

View Item
View Item