PENGUKURAN KINERJA DAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KOPERASI DENGAN METODE PENGUKURAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH SAHABAT IHYA MADANI)

2104441062, Ilham Damar Fakhriyan (2025) PENGUKURAN KINERJA DAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KOPERASI DENGAN METODE PENGUKURAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH SAHABAT IHYA MADANI). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2 - Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (674kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (324kB)

Abstrak

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Sahabat Ihya Madani merupakan koperasi yang bergerak di bidang jual beli, pembiayaan syariah (peminjaman dana), dan penyimpanan uang, namun koperasi ini memiliki masalah yaitu mengalami rugi sisa hasil usaha selama empat tahun terakhir secara berturut – turut dan sangat mempengaruhi kinerja koperasi terkait kemampuannya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja dari berbagai perspektif untuk melihat kinerja KSPPS Sahabat Ihya Madani selama tahun 2021 – 2024 dan memberikan strategi peningkatan kinerja terhadap kinerja yang memiliki indikasi buruk. Jenis penelitian ini menggunakan metode campuran dengan data primer yaitu data kualitatif yang diperoleh dari wawancara langsung dengan karyawan koperasi dan data sekunder yaitu data kuantitatif berupa laporan keuangan koperasi dari tahun 2021 – 2024 serta laporan hasil rapat anggota tahunan. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah melalui proses dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran kinerja melalui perspektif keuangan menunjukkan hasil yang kurang baik. Pengukuran kinerja melalui perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang baik. Pengukuran kinerja melalui perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang cukup baik. Dan pengukuran kinerja melalui perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang kurang baik.

Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Strategi Peningkatan Kinerja, Balanced Scorecard

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Ilham Damar Fakhriyan
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:03
Last Modified: 09 Sep 2025 02:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32516

Actions (login required)

View Item
View Item