2202311005, Muhammad luhur wicaksana (2025) STUDI KASUS PERAWATAN KOMPONEN BLOK REM PADA SISTEM PENGEREMAN KERETA DI PT KERETA API INDONESIA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB 1 dan 5.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 dan 5.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of BAB 2,3 dan 4.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2,3 dan 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of PAPER SEMNAS 2025_Muhammad Luhur wicaksana_2202311005 (KA INDONESIA)Revisi.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PAPER SEMNAS 2025_Muhammad Luhur wicaksana_2202311005 (KA INDONESIA)Revisi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (2MB)
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan dan proses perawatan komponen blok rem pada sistem pengereman kereta di PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 1 Jakarta. Dalam praktiknya, ditemukan berbagai permasalahan seperti keausan tidak merata, pemasangan blok rem yang terbalik, penggunaan bahan yang tidak sesuai standar, serta kerusakan pada komponen pendukung seperti Slack Adjuster. Penelitian bertujuan untuk menemukan faktor penyebab terjadi masalah dan memberikan saran serta solusi. Metode yang digunakan yaitu Root Cause Analysis melalui pendekatan Fishbone Diagram untuk mengidentifikasi akar permasalahan berdasarkan empat faktor utama: Man (Manusia), Method (Metode), Material (Bahan), dan Machine (Mesin). Hasil analisis menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan teknis, tidak tersedianya tools dan suku cadang yang memadai, serta rendahnya kualitas material menjadi faktor dominan penyebab gangguan pada sistem pengereman. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan penerapan SOP, pelatihan teknisi, dan penyediaan material serta peralatan kerja sesuai standar. Kesuruhan yang dapat kita ambil dari permasalahan ini yaitu adanya kerusakan blok rem di PT KAI DAOP 1 Jakarta disebabkan oleh keausan tidak merata, pemasangan yang salah, kualitas material rendah, dan kerusakan komponen pendukung. Analisis RCA dan Fishbone menunjukkan akar masalah berasal dari faktor manusia, metode, material, dan mesin.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 385 Transportasi kereta api |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email muhammad.luhur.wicaksana.tm22@mhsw.ac.id |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:51 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32481 |