2105421051, Tsabitah Diva Jauza (2025) PENGARUH KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK MELALUI APLIKASI LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE DI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1&5_SKRIPSI.pdf
Download (611kB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d. 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2-4_SKRIPSI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
TSABITAH DIVA JAUZA. Jakarta, sebagai kota yang sangat terpengaruh oleh polusi udara, memerlukan langkah-langkah strategis untuk solusi transportasi yang berkelanjutan. GoJek dan Grab, sebagai platform pemesanan kendaraan terkemuka di Indonesia, telah meluncurkan layanan motor listrik untuk mendukung transportasi yang lebih ramah lingkungan di Jakarta. Namun, minat masyarakat untuk menggunakan layanan motor listrik ini masih tergolong rendah, dan penelitian yang mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat tersebut masih jarang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai dan kepedulian lingkungan terhadap niat menggunakan layanan motor listrik yang ditawarkan oleh GoJek dan Grab di Jakarta. Sebanyak 440 sampel dikumpulkan melalui metode purposive sampling pada Mei 2025. Hasil analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa dua hipotesis diterima. Masyarakat Jakarta masih menunjukkan sikap positif terhadap adopsi layanan motor listrik. Selain itu, ditemukan bahwa nilai yang dirasakan merupakan faktor paling signifikan yang mempengaruhi niat individu untuk menggunakan layanan motor listrik. Model prediktif yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan nilai yang moderat, dengan R² sebesar 0,553. Penelitian ini memberikan berbagai rekomendasi untuk GoJek dan Grab dalam meningkatkan adopsi layanan kendaraan listrik oleh pelanggan, terutama dengan menonjolkan manfaat nyata seperti biaya perjalanan yang lebih hemat, kenyamanan berkendara, dan fitur layanan modern yang dianggap penting oleh konsumen di Jakarta.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Tsabitah Diva Jauza |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:18 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:18 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32368 |