PERANCANGAN BUKU PANDUAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI MUSEUM ZOOLOGI BOGOR

5017070241, Malpin Pierre (2021) PERANCANGAN BUKU PANDUAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI MUSEUM ZOOLOGI BOGOR. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
halaman idetintas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Bab 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (774kB)

Abstrak

Museum Zoologi telah berdiri semenjak tahun 1894. Dimulai dengan dibangunnya Landbouw Zoologish Laboratorium yang terletak di Ir. H. Juanda Nomor. 9 Bogor yang bertujuan mengoleksi serta meneliti serangga untuk tumbuhan pertanian. Seiring perkembangan tahun aspek riset kian tumbuh meluas ke bermacam ragam jenis fauna. Berdasarkan hasil observasi serta informasi wisatawan Museum Zoologi, pengunjung anak sekolah menengah pertama senantiasa mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Belum terdapatnya buku panduan sebagai media edukasi museum hingga denah ruangan, membuat sekian banyak koleksi museum terlewati oleh pengunjung terutama sekolah menengah pertama disebabkan saat mereka masuk hanya mendatangi koleksi yang menarik mata mereka. Belum lagi apabila tidak ada pemandu yang menemani, membuat mereka kurang menerima informasi yang ingin di informasikan dari museum itu sendiri baik sejarah ataupun informasi fauna pada museum. Museum Zoologi memerlukan pembuatan buku panduan sebagai media edukasi dengan desain yang disesuaikan dengan pengunjung anak sekolah menengah pertama agar informasi dapat diterima dengan baik. Media infomasi yang digunakan merupakan media cetak berbentuk buku yang memiliki banyak informasi mengenai satwa di museum zoologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, hingga studi literatur. Dibuatnya buku panduan sebagai media edukasi Museum Zoologi untuk pengunjung anak sekolah menengah pertama diharapkan bisa dijadikan sebagai pegangan serta mempermudah para pengunjung terutama anak sekolah menengah pertama memperoleh informasi apabila tidak ada pemandu yang menemani serta mereka masih dapat mempelajarinya walaupun tidak lagi berkunjung ke museum.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
900 – Sejarah dan Geografi > 950 Sejarah Asia > 959 Sejarah Asia Tenggara
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Malpin Pierre
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:53
Last Modified: 20 Sep 2021 04:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3219

Actions (login required)

View Item
View Item