PENYELENGGARAAN SPORTS EVENT NUSANTARA TRIATHLON SERIES OLEH CV NEXTGEN CREATIVA TARA SEBAGAI RANCANGAN USAHA JASA

210513033, Leony Patrichia Cornelia Lopulalan and 2105413048, Lisna Herawati and 2105413052, Rosita Ahmad (2025) PENYELENGGARAAN SPORTS EVENT NUSANTARA TRIATHLON SERIES OLEH CV NEXTGEN CREATIVA TARA SEBAGAI RANCANGAN USAHA JASA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of ISI (BAB 2-6)_CV Nextgen Creativa Tara.pdf] Text
ISI (BAB 2-6)_CV Nextgen Creativa Tara.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
ISI (BAB 2-6)_CV Nextgen Creativa Tara.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

CV Nextgen Creativa Tara adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyelenggaraan sports event, khususnya triathlon, yang dikemas dalam bentuk program Nusantara Triathlon Series (NTS). Event ini menggabungkan tiga cabang olahraga yaitu renang, sepeda, dan lari dengan konsep sports tourism di Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia seperti Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba, Borobudur, dan Likupang yang berdasarkan data kunjungan wisatawan, telah mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, menandakan kesiapan sebagai tuan rumah event berskala nasional dan internasional.

Perusahaan menawarkan tiga kategori layanan utama yaitu Basic Xperience (paket standar dengan fasilitas race dan race pack), Premium Xperience (dengan tambahan layanan seperti simulasi rute berbasis virtual reality, recovery massage, dan city tour), serta Team Xperience (paket bundling untuk tim berisi lima partisipan yang dilengkapi dengan team lounge dan layanan shuttle). Selain itu, perusahaan juga memiliki produk pendukung berupa Xperience Fun Run dan Xperience Fun Ride sebagai pre-event, serta NTS Dual Coaching Program yang terdiri dari dua program yaitu, class dan private untuk memperkaya pengalaman partisipan sekaligus memperluas segmentasi pasar.

Adanya pertumbuhan signifikan di industri sports tourism pada saat ini, mendukung perusahaan untuk memasuki bisnis ini yang dibuktikan bahwa secara global, nilai pasar sports tourism saat ini diproyeksikan mencapai USD 991,57 miliar pada tahun 2025, sementara di Indonesia kontribusi sektor ini terhadap perekonomian nasional telah menyentuh Rp18,79 triliun. Olahraga triathlon juga menunjukkan tren positif dengan meningkatnya penyelenggaraan event dari 12 kegiatan pada 2022 menjadi 18 event pada 2024. Berdasarkan survei terhadap 120 responden dari komunitas olahraga dan wisatawan aktif, ditemukan bahwa mayoritas menunjukkan minat tinggi terhadap event triathlon di Indonesia, terutama yang menawarkan integrasi teknologi, pengalaman interaktif, dan keberlanjutan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan dan produk yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan kebutuhan serta tren pasar saat ini.

Secara operasional, perusahaan memproyeksikan pelaksanaan 2 event triathlon pada tahun 2026, 2 event triathlon pada tahun 2027, kemudian meningkat menjadi 3 event pada 2028, ditambah dengan adanya penyelenggaraan pre-event dan program pelatihan rutin setiap tahunnya dapat membangun loyalitas partisipan dan memperluas jangkauan pasar secara bertahap. Peningkatan jumlah event ini selaras dengan hasil proyeksi keuangan perusahaan yang dibuktikan dengan adanya kenaikan Return on Investment (ROI) dari 70% tahun 2026 lalu meningkat pada tahun 2027 menjadi 85% dan terus meningkat menjadi 99% pada tahun 2028. Hasil Payback Period juga menunjukkan bahwa investasi awal sebesar Rp100.000.000 akan kembali dalam 2 tahun 6 hari, didukung oleh strategi perkembangan event dan permintaan pasar yang terus meningkat. Hal ini membuktikan bahwa adanya pertumbuhan event tahunan yang progresif mampu mendukung kelayakan dan profitabilitas jangka panjang perusahaan.
Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa usaha penyelenggaraan sports event yang dijalankan oleh CV Nextgen Creativa Tara layak untuk dikembangkan. Dengan didukung oleh tren gaya hidup sehat, dukungan pemerintah terhadap pengembangan Destinasi Super Prioritas, kesiapan infrastruktur pariwisata, serta legalitas usaha yang telah terpenuhi, CV Nextgen Creativa Tara berada dalam posisi yang strategis untuk berkembang. Perusahaan tidak hanya layak secara finansial, tetapi juga mampu memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif melalui sports tourism yang inovatif dan berkelanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: D4 Leony Patrichia
Date Deposited: 19 Aug 2025 22:52
Last Modified: 19 Aug 2025 22:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32128

Actions (login required)

View Item
View Item