2105413090, Daffa Surya Pradipta and 2105413063, Melgi Fajar Saputra and 2105413012, Naufal Afif Ramadhan (2025) RANCANGAN USAHA PENYELENGGARA POP UP MARKET DI JAKARTA OLEH CV CIPTA SINERGI KREATIF. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas (Bab 1, Bab 5, Bab 7, Daftar Pustaka, Lampiran).pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas (Bab 1, Bab 5, Bab 7, Daftar Pustaka, Lampiran).pdf
Download (14MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 6).pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi (Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 6).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB) | Request a copy
Abstrak
CV Cipta Sinergi Kreatif merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan pameran Pop up Market. Perusahaan ini memiliki struktur perusahaan yang meliputi direktur utama, direktur Keuangan, dan direktur Pemasaran, yang masing – masing merupakan lulusan Sarjana Terapan MICE, dan memiliki peran penting dalam menjalankan visi dan misi perusahaan. CV Cipta Sinergi Kreatif memiliki kantor di Kukusan, Depok, Jawa Barat untuk menjalankan kegiatan operasionalnya.
Produk utama yang dihasilkan dari CV Cipta Sinergi Kreatif ini pameran Pop Up Market yang diberi nama See Pop Up Market. Event ini diselenggarakan di wilayah Jakarta, menghadirkan kurasi local fashion brand, handcraft, accessories, dan culinary. See Pop Up Market menjadi platform yang menjembatani brand besar, dan brand baru untuk memiliki kesempatan yang sama dalam tampil, bersaing, serta berinteraksi langsung dengan konsumen melalui satu media. Dalam pelaksaanaan pertamanya See Pop Up Market akan diselenggarakn di Chillax Sudirman dengan target exhibitor sebanyak 64 booth exhibitor dengan pasar dari brand tersebut middle to high dan target visitor berumur 18 – 35 tahun yang memiliki ketertarikan terhadap tren fashion, gaya kekinian, dan kreatifitas.
Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan dalam empat tahun terakhir, bahwa sebanyak 41 event pop up market yang kami kategorikan middle to high serta 4.603 yang berpartisipasi sebagai exhibitor, telah terselenggara oleh kompetitor. Oleh karena itu, CV Cipta Sinergi Kreatif memilih bisnis ini untuk dijalankan karena frekuensi penyelenggaraan pameran Pop up Market menunjukan daya tarik, dan minat yang cukup tinggi di pasar.
CV Cipta Sinergi Kreatif telah menyusun rencana bisnis komprehensif untuk periode 2025 - 2028, didukung oleh proyeksi keuangan dan analisis kelayakan investasi yang solid. Penanaman modal awal direncanakan sebesar Rp160.000.000.
Anggaran biaya produk penjualan diproyeksikan mulai dari Rp521.525.391 pada tahun 2026, dan akan melonjak signifikan hingga Rp3.160.534.869 pada tahun 2028. Proyeksi penjualan menunjukkan optimisme, dengan target 111 booth dan total penjualan Rp912.689.000 pada tahun 2026. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 113 booth dengan total penjualan Rp1.291.287.000 pada tahun 2027. Kemudian, dengan perubahan spesifikasi produk, kami memproyeksikan lonjakan drastis menjadi 208 booth dengan total penjualan mencapai Rp4.768.792.000. Peningkatan ini telah memperhitungkan potensi inflasi tahunan sebesar 5%.
Dari sisi analisis keuangan, modal investasi CV Cipta Sinergi Kreatif diperkirakan akan kembali dalam 2 tahun, 7 bulan, dan 9 hari. Hasil ini menunjukkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan perencanaan bisnis pop-up market berkonsep korean wave yang memiliki payback period 2 tahun 10 bulan.
Return on Investment (ROI) menunjukkan peningkatan signifikan, dari kerugian -183% pada tahun 2025 menjadi 100% pada tahun 2028, menandakan efisiensi dan profitabilitas yang meningkat seiring waktu. Terakhir, Profitability Index (PI) sebesar 3,1 menegaskan kelayakan finansial usaha ini, yang berarti setiap Rp1 investasi menghasilkan Rp3.1 dalam bentuk nilai sekarang.
Perhitungan Net Present Value (NPV) dan Internal Rate of Return (IRR tidak dicantumkan karena CV Cipta Sinergi Kreatif tidak merencanakan berhutang kepada pihak manapun, sehingga perhitungan biaya modal rata-rata tertimbang (WACC) menjadi kurang relevan. Fokus kami beralih pada efisiensi internal dan pengembalian bagi investor ekuitas (pemegang saham). Selain itu, metrik seperti payback period dan return on investment dinilai lebih mudah "dicerna" oleh pemegang saham yang ingin cepat mengetahui potensi pengembalian modal dan keuntungan tanpa perlu memahami konsep diskonto atau nilai waktu uang secara mendalam.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Daffa Surya Pradipta |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 22:50 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 22:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32105 |