RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA PAMERAN UMKM OLEH PT TRINOVA GLOBAL EXPO

2105413109, Bunga Putri Savira and 2105413034, Fortuna Azariah Vallenska and 2105413054, Sayyidah Hanifah Kahayandi (2025) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA PAMERAN UMKM OLEH PT TRINOVA GLOBAL EXPO. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
BP PT Trinova Global Expo - BAB 1,2,7, dan Lampiran.pdf

Download (39MB)
[thumbnail of Isi BAB 3 - BAB 6] Text (Isi BAB 3 - BAB 6)
BP PT Trinova Global Expo - BAB 3,4,5, dan 6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

PT Trinova Global Expo adalah perusahaan jasa di bidang Professional Exhibition Organizer (PEO) yang fokus pada penyelenggaraan pameran UMKM di Indonesia. Berdiri pada 15 Oktober 2025 dengan KBLI 82301, perusahaan memiliki modal awal Rp160 juta yang dialokasikan untuk legalitas, operasional, dan promosi. Didirikan oleh tiga Sarjana Terapan MICE berpengalaman, yaitu Fortuna Azaria Valenska (Direktur Utama, 40%), Sayyidah Hanifah Kahayandi (Direktur Keuangan, 30%), dan Bunga Putri Savira (Direktur Pemasaran, 30%).

Perusahaan menawarkan dua produk utama: full service exhibition management seharga Rp1,25 miliar per event untuk 30 booth, dan partial service exhibition management dengan harga mulai Rp9,88 juta hingga Rp356,85 juta sesuai permintaan klien. Segmentasi pasar mencakup institusi menengah ke atas di Jabodetabek yang telah berpengalaman dalam pameran UMKM, dengan target utama Pemerintah Pusat/Daerah, BUMN, korporat nasional, dan asosiasi industri.

Positioning PT Trinova Global Expo adalah penyedia layanan pameran yang fleksibel sesuai kebutuhan klien. Strategi pemasaran mengacu pada konsep marketing mix 7P yang diperkuat dengan Power of Connection, melalui tiga pendekatan promosi: traditional promotion (partisipasi event industri), digital promotion (media sosial & website), dan direct promotion (pendekatan personal ke calon klien). Strategi ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara terarah dan berkelanjutan.

Berdasarkan proyeksi, pada 2026–2030 perusahaan akan menggelar 49 pameran dengan total pendapatan Rp8,55 miliar. Analisis kelayakan menunjukkan ROI konsisten di atas 30% dengan puncak 145,73% pada 2030, NPV positif sebesar Rp994 juta, dan payback period 1 tahun 8 bulan 22 hari. Hasil ini menunjukkan PT Trinova Global Expo layak dijalankan dan memiliki prospek pertumbuhan yang kuat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Bunga Putri Savira
Date Deposited: 19 Aug 2025 22:47
Last Modified: 19 Aug 2025 22:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item
View Item