DAMPAK MEDIA PROMOSI, MODAL MINIMUM INVESTASI DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT GENERASI Z BERINVESTASI DI PASAR MODAL

2104441068, Naswa Deadema (2025) DAMPAK MEDIA PROMOSI, MODAL MINIMUM INVESTASI DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT GENERASI Z BERINVESTASI DI PASAR MODAL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi Bab2 s.d. Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (326kB)

Abstrak

Perkembangan teknologi komunikasi, khususnya internet telah mengubah cara individu memperoleh informasi. Media sosial di awal hanya digunakan sebagai alat berinteraksi secara sosial, sekarang sudah berubah menjadi tempat penting bagi penyebaran informasi promosi seperti investasi. Platform media sosial menyediakan akses mudah dan cepat ke beragam informasi, opini, dan rekomendasi tentang investasi, yang dapat memengaruhi minat investasi Generasi z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat Generasi Z dalam berinvestasi di pasar modal dipengaruhi oleh media promosi, modal investasi minimum, dan pemahaman investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan menggunakan kuesioner dan data primer. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam penelitan ini ialah generasi Z yang berstatus sebagai mahasiswa aktif / fresh graduate dan berdomisili di Depok sebanyak 85 orang. Untuk menentukan sejauh mana ketiga variabel independen tersebut memengaruhi minat investasi, analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Temuan studi menunjukkan bahwa minat mahasiswa untuk berinvestasi dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh media promosi, modal minimum, dan pengetahuan investasi. Ketiga variabel independen tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap minat investasi secara bersamaan. Hasil ini menunjukan bahwa pengetahuan investasi, modal minimum yang terjangkau, dan media promosi semuanya berkontribusi signifikan terhadap peningkatan minat investasi. Implikasi dari hasil penelitian ini mencakup perlunya peningkatan literasi investasi melalui media yang efektif, penyediaan akses investasi dengan modal awal yang rendah, serta penguatan program edukasi untuk membangun pemahaman dan kepercayaan diri investor pemula dalam mengambil keputusan investasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Naswa Deadema
Date Deposited: 11 Aug 2025 05:03
Last Modified: 11 Aug 2025 05:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item
View Item