RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA SPORT EVENT CABANG OLAHRAGA HOKI OLEH CV WIDHIKA SOLUTIONS

2105413080, Fadhilah Budi Rachmawati and 2105413091, Revica Chika Wahyudi and 2005413082, Widadina Farihah (2025) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA SPORT EVENT CABANG OLAHRAGA HOKI OLEH CV WIDHIKA SOLUTIONS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 - Bab 5 Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Bab 1 - Bab 5 Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Text (Halaman Identitas Skripsi).pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 - Bab 4] Text (Isi Bab 2 - Bab 4)
Text (Isi (Bab 2 - Bab 4)).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
FADHILAH BUDI RACHMAWATI_MICE2021_FULL PAPER ARTICLE.docx.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (166kB)

Abstrak

CV Widhika Solutions merupakan perusahaan penyedia jasa sports event organizer yang didirikan pada tahun 2025 dan mulai beroperasi pada tahun 2026 dengan modal awal Rp150.000.000,- dan kepemilikan saham sebesar 33% dimiliki Revica Chika Wahyudi selaku Direktur Utama, 33% dimiliki oleh Widadina Farihah selaku Direktur Pemasaran dan 33% dimiliki oleh Fadhilah Budi Rachmawati selaku Direktur Keuangan. Berlokasi di Jl. Lapangan Bola No.5D, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, CV Widhika Solutions hadir untuk menjawab kebutuhan penyelenggaraan turnamen hoki dan program pelatihan. CV Widhika Solutions memiliki produk dua produk berupa Widhika Cup Turnamen dan Coaching clinic, yang masing-masing dirancang untuk menjawab kebutuhan pengembangan olahraga hoki di tingkat pelajar, komunitas, hingga profesional.
Masuknya CV Widhika Solutions ke dalam industri ini didorong oleh minimnya kompetitor dalam bidang penyedia jasa event khusus olahraga, serta hasil riset pasar yang menunjukkan peluang signifikan. Pasar utama yang ditargetkan adalah Jabodetabek, kota dengan potensi besar dalam industri event. Jakarta merupakan pusat kegiatan bisnis dan penyelenggaraan acara nasional maupun internasional, didukung oleh fasilitas.
Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap para konsumen dan kompetitor sports event, sebanyak 88,7% responden menyatakan ketertarikan untuk menggunakan jasa penyelenggara event organizer olahraga. Selain itu, hasil survei dari 5 perusahaan kompetitor di Jabodetabek menunjukkan bahwa peluang pasar dalam industri ini cukup besar. Tercatat peningkatan jumlah event hoki dari 30 penyelenggaran di tahun 2025 menjadi 91 penyelenggaraan event turnamen hoki pada tahun 2028. Dengan strategi yang terarah, CV Widhika Solutions menargetkan mengambil 13% pangsa pasar (market share) dari target pasar perusahaan pesaing di Jabodetabek.

Dalam aspek pemasaran, perusahaan menerapkan strategi Marketing Mix7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) sebagai pendekatan yang komprehensif untuk menarik dan mempertahankan klien. Pendekatan ini disesuaikan dengan karakteristik pasar olahraga yang lebih spesifik, seperti profesionalitas tenaga kerja, efisiensi waktu, dan efektivitas koordinasi.
Hasil analisis studi kelayakan bisnis dengan menghitung beban-beban perusahaan, arus kas, laba rugi, neraca keuangan, perubahan ekuitas, payback period, net present value (NPV), internal rate velue of return (IRR), dan profitability index. Menunjukkan bahwa CV Widhika Solutions membutuhkan waktu 1 tahun 0 bulan 3 hari untuk mencapai titik impas (break-even point). NPV sebesar Rp5.641.484.209,- menunjukkan bahwa bisnis ini layak dijalankan (NPV > 0). IRR sebesar 12,54% dengan bunga antara 7,80% dan 12%. ROI meningkat setiap tahun: 109% di tahun pertama, 130% di tahun kedua, dan 152% di tahun ketiga. Hal ini menunjukkan CV Widhika Solutions dapat memberikan profit yang baik. Nilai profitability index yang diperoleh berada pada angka 38,61.

Berdasarkan seluruh hasil analisis, mulai dari analisis pasar, analisis kompetitor, hingga kajian aspek keuangan dan risiko usaha. CV Widhika Solutions optimistis dapat berkembang dan berkontribusi positif dalam industri event olahraga nasional. Dengan strategi yang matang, manajemen yang solid, dan produk yang sesuai kebutuhan pasar, perusahaan berharap mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pelaku industri, serta mampu menjalin kemitraan jangka panjang yang berkelanjutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 791 Pertunjukan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr. Par fadhilah budi rachmawati
Date Deposited: 19 Aug 2025 22:40
Last Modified: 19 Aug 2025 22:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item
View Item