2105413007, Marza Azzahra and 2105413006, Kinanti Zahra Maheswari and 2105413027, Dara Puspita (2025) RANCANGAN USAHA JASA CYBER PR UNTUK EVENT EXHIBITION OLEH CV SHERISE COLLECTIVE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bussiness Plan SheRise Collective - Bagian Identitas.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bussiness Plan SheRise Collective - Bagian Identitas.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bussiness Plan SheRise Collective - Bagian Isi.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bussiness Plan SheRise Collective - Bagian Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (13MB) | Request a copy
Abstrak
Perubahan perilaku audiens yang kini mengandalkan social media sebagai sumber informasi utama menjadikan social media bukan lagi sekadar saluran komunikasi tambahan, melainkan elemen vital dalam membentuk persepsi publik. Situasi yang sama juga terlihat dalam konteks event MICE khususnya pameran. Sebagai akibatnya, event pameran saat ini mampu menjangkau audiens atau khalayak saasaran yang lebih luas, membangun antusiasme, dan memperpanjang interaksi di luar batas ruang dan waktu penyelenggaraan.
Berdasarkan perkembangan diatas, CV SheRise Collective menghadirkan layanan Cyber PR untuk Event Exhibition sebagai solusi strategis yang dirancang khusus untuk menjawab tantangan komunikasi digital di ranah event dan exhibition. Didirikan pada tahun 2025 dan berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, perusahaan ini mengusung semangat kolaborasi kreatif yang memberdayakan brand melalui strategi komunikasi digital yang terintegrasi.
Perusahaan melihat peluang besar dalam kebutuhan brand untuk tampil relevan di ranah digital, sekaligus membangun hubungan emosional yang kuat dengan audiens. Dengan tim yang memiliki latar belakang komunikasi, desain, dan event, serta pemahaman mendalam terhadap perilaku digital generasi muda, SheRise memiliki sumber daya strategis untuk bersaing dan bertumbuh di industri ini.
Produk dan layanan utama yang ditawarkan CV SheRise Collective meliputi lima pilihan produk jasa Cyber PR dengan dua paket utama yaitu, Glow Package yang menawarkan layanan lengkap mulai dari Website handling, email marketing, social media analytics, search engine optimization (SEO), hingga pengelolaan social media Instagram dan TikTok dengan harga jual Rp.233.837.008 dan Shine Package memberikan pilihan dengan harga yang lebih terjangkau dengan kuantiti yang tidak jauh berbeda dari Glow Package dengan harga jual Rp.184.149.000. Serta menyediakan tiga paket Customize yaitu Customize A dengan harga jual minimal Rp.106.759.800, Customize B dengan harga jual minimal Rp.130.536.000, dan Customize C dengan harga jual minimal Rp.160.839.000 yang dikembangkan berdasarkan riset pasar dan kuesioner permintaan dari klien.
Modal awal perusahaan yaitu sebesar Rp.135.000.000 (Seratus Tiga Puluh Lima Juta Rupiah) yang berasal dari investasi 3 (tiga) orang pendiri perusahaan yaitu Dara Puspita sebagai Direktur Utama sebesar Rp.54.000.000 (40%), Kinanti Zahra Maheswari sebagai Direktur Keuangan sebesar Rp.40.500.000 (30%), dan Marza Azzahra sebagai Direktur Operasional sebesar Rp.40.500.000 (30%).
Dari sisi analisis keuangan, modal investasi CV SheRise Collective diperkirakan akan kembali dalam 2 tahun, 1 bulan, dan 23 hari. Analisis Net Present Value (NPV) menunjukkan kelayakan usaha, dengan NPV positif sebesar Rp.335.546.535, pada suku bunga 7,82%, menandakan proyek masih berpotensi untuk dijalankan. Internal Rate of Return (IRR) perusahaan ini mencapai 24,23%, yang lebih tinggi dari suku bunga acuan, mengindikasikan tingkat pengembalian yang menarik. Return on Investment (ROI) menunjukkan peningkatan signifikan dari kerugian -191% pada tahun 2025 menjadi 89% pada tahun 2028, menandakan efisiensi dan profitabilitas yang meningkat seiring waktu. Terakhir, Profitability Index (PI) sebesar 2,4 menunjukkan bahwa setiap Rp1 investasi menghasilkan Rp.2.4, dalam bentuk nilai sekarang, menegaskan kelayakan finansial usaha ini.
Berdasarkan berbagai analisis yang mencakup aspek pemasaran, keuangan, ekonomi, sosial, hukum, dan risiko usaha, kami yakin bahwa usaha ini layak, sangat prospektif, dan mampu bersaing di masa depan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr.Par Marza Azzahra |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 22:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 22:34 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31808 |