2105413076, Dea Miracle and 2105413067, Amanda Gavriella Sianturi and 2105413072, Risqa Adelia Oktaviani (2025) Rancangan Usaha Layanan Honeymoon Tour ke Bangka Belitung oleh CV Smara Nusa. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of (I) Rancangan Usaha Layanan Honeymoon Tour ke Bangka Belitung oleh CV Smara Nusa REPOSITORY Cover-Lampiran.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(I) Rancangan Usaha Layanan Honeymoon Tour ke Bangka Belitung oleh CV Smara Nusa REPOSITORY Cover-Lampiran.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of (II) Rancangan Usaha Layanan Honeymoon Tour ke Bangka Belitung oleh CV Smara Nusa ISI BAB 2 - BAB 4.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(II) Rancangan Usaha Layanan Honeymoon Tour ke Bangka Belitung oleh CV Smara Nusa ISI BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB) | Request a copy
Abstrak
CV Smara Nusa merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa perjalanan wisata, dengan fokus utama pada penyediaan paket honeymoon eksklusif yang menggabungkan keindahan alam lokal dengan pengalaman personal yang berkesan. Perusahaan ini menghadirkan berbagai pilihan produk yaitu Seraye, Berume, dan
Merangse yang dirancang secara tematik untuk memenuhi preferensi pasangan baru dalam menikmati momen romantis. Selain itu, CV Smara Nusa juga menawarkan layanan pendukung seperti dokumentasi sinematik yang dinamai Senarai, personalisasi hadiah, dan perjalanan privat, sehingga setiap pelanggan dapat merasakan pengalaman wisata yang intim, unik, dan bernilai emosional tinggi. Modal awal perusahaan sebesar Rp120.000.000 dengan pembagian 40% dari direktur utama, 30% dari direktur keuangan, dan 30% dari direktur pemasaran. Nomor fokus utama pada penyediaan paket perjalanan bulan madu (honeymoon) ke destinasi Belitung. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2025 dan diprakarsai oleh tiga orang yaitu Amanda Gavriella Sianturi, Risqa Adelia Oktaviani, dan Dea Miracle. Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) perusahaan yaitu 82301
Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran (MICE) 79121-Aktivitas Biro Perjalanan Wisata.
Produk utama yang dimiliki CV Smara Nusa yaitu paket perjalanan bulan madu ke destinasi wisata di Belitung. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp32.000.000. Konsep utama yang diusung oleh CV Smara Nusa adalah romantic
adventure, yaitu perpaduan antara kegiatan petualangan ringan dan suasana intim yang dirancang secara khusus untuk pasangan. Seluruh aspek teknis perjalanan, seperti akomodasi, transportasi, aktivitas wisata, konsumsi, hingga layanan dokumentasi, akan diatur dan dikelola sepenuhnya oleh tim CV Smara Nusa. Segmentasi pasar dari CV Smara Nusa adalah pasangan pengantin baru dari kalangan menengah ke atas yang berdomisili di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Selain itu, perusahaan juga melayani pasangan yang ingin merayakan ulang tahun pernikahan, melakukan perjalanan romantis kedua, ataupun sekedar menikmati waktu bersama di destinasi wisata bernuansa eksklusif. Target pasar perusahaan adalah pasangan muda yang tinggal di wilayah Jabodetabek, berusia antara 22 hingga 35 tahun ke atas, yang baru menikah atau sedang merencanakan pernikahan. Positioning perusahaan yaitu menyediakan paket perjalanan bulan madu eksklusif ke Belitung yang dirancang secara personal, romantis, dan estetik untuk pasangan muda yang ingin merayakan cinta dengan pengalaman tak terlupakan.
CV Smara Nusa menggunakan strategi pemasaran 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence. Strategi promosi utama yang
digunakan adalah iklan digital. Proyeksi penjualan tahun 2026-2030 memperkirakan produk utama dilakukan
sebanyak 29 penjualan pada tahun 2026 dan meningkat hingga 67 penjualan pada tahun 2030, juga produk pendukung sebanyak 4 penjualan pada tahun 2026 dan
meningkat hingga 13 penjualan pada tahun 2030.Berdasarkan proyeksi tersebut, didapatkan pendapatan sebesar Rp 961.000.000 pada tahun 2026 dan meningkat hingga Rp2.751.250.000 pada tahun 2030. Berdasarkan hasil analisis kelayakan finansial, CV Smara Nusa dinyatakan layak untuk dijalankan. Modal investasi dapat kembali dalam waktu 2 tahun 2 bulan 24 hari (Payback Period), dengan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp143.820.059 dan Internal Rate of Return (IRR) sebesar 31,59%, yang jauh melebihi suku bunga acuan bank. Return on Investment (ROI) menunjukkan tren pertumbuhan signifikan setiap tahun, mencapai 65% pada tahun kelima. Sementara itu, Profitability Index (PI) sebesar 7,56 menunjukkan bahwa setiap Rp1 investasi
berpotensi menghasilkan Rp7,56 nilai manfaat bersih.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Dea Miracle |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 11:53 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 11:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31737 |