Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Makanan (Restoran) Halal di Negara Non-Muslim (Studi Kasus Wisatawan Dan Pendatang Muslim)

2104411031, Nabila Tri Rahmadhani (2025) Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Makanan (Restoran) Halal di Negara Non-Muslim (Studi Kasus Wisatawan Dan Pendatang Muslim). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah (jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (513kB)

Abstrak

Pertumbuhan populasi Muslim yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di negara-negara non-Muslim, mendorong peningkatan akan kebutuhan makanan halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim dalam memilih makanan halal di negara non-Muslim. Penelitian ini melibatkan konsumen muslim yang memiliki pengalaman membeli makanan halal di negara-negara non-Muslim yang berusia 17-50 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 106 orang. Data dianalisis menggunakan teknik Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menujukkan bahwa baik sertifikasi halal maupun kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal. Kebaruan penelitian ini terletak pada konteks lokasi dan subjek yang diteliti, yaitu konsumen Muslim yang membeli makanan halal di negara non-Muslim, baik sebagai wisatawan maupun pendatang, serta pada kombinasi variabel sertifikasi halal dan kesadaran halal yang belum banyak dikaji secara bersamaan dalam konteks tersebut. Temuan ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan informasi serta memberikan implikasi praktis bagi pelaku usaha makanan dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan penyediaan makanan halal di negara non-Muslim.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi
100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 170 Etika
100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 178 Etika konsumsi
200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Nabila Tri Rahmadhani
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:51
Last Modified: 07 Aug 2025 01:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item
View Item