EKSPERIMEN KAMPAS REM RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS SERBUK BAMBU: UJI KOEFISIEN GESEK DAN KEAUSAN SERTA SIMULASI TERMAL METODE FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA)

2202317001, Fadni Rozak (2025) EKSPERIMEN KAMPAS REM RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS SERBUK BAMBU: UJI KOEFISIEN GESEK DAN KEAUSAN SERTA SIMULASI TERMAL METODE FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR] Text (HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR)
HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of ISI BAB 2 s.d BAB 4] Text (ISI BAB 2 s.d BAB 4)
ISI BAB 2 sd 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (998kB)

Abstrak

Kampas rem merupakan komponen penting dalam keselamatan kendaraan, namun material konvensional seperti asbes bersifat karsinogenik dan tidak ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan kampas rem ramah lingkungan berbasis serbuk bambu yang dipadukan dengan resin epoxy, katalis, aluminium, dan pasir besi. Tiga variasi komposisi serbuk bambu, yaitu 10%, 20%, dan 30%, diuji untuk mengetahui pengaruhnya terhadap koefisien gesek, laju keausan, dan konduktivitas termal melalui pengujian laboratorium dan simulasi termal menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi tertentu mampu menghasilkan koefisien gesek yang stabil, tingkat keausan rendah, serta memenuhi standar kinerja kampas rem sesuai ketentuan industri. Simulasi termal memperlihatkan distribusi panas yang merata pada permukaan gesek, menunjukkan kemampuan material untuk menahan beban termal selama pengereman. Spesimen S2 (20% serbuk bambu) memiliki koefisien gesek tertinggi (0,463) dengan laju keausan wajar (5,12 cm³/N·m). S1 (10%) menunjukkan koefisien gesek rendah (0,176) namun ketahanan aus tinggi, sementara S3 (30%) menunjukkan performa terburuk dengan koefisien gesek terendah (0,117) dan laju keausan tertinggi (7,69 cm³/N·m). Secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa serbuk bambu berpotensi menjadi alternatif material pengganti asbes yang lebih aman dan ramah lingkungan, dengan performa yang kompetitif untuk aplikasi pada sistem pengereman kendaraan. Temuan ini mendukung upaya keberlanjutan melalui pemanfaatan sumber daya alam terbarukan serta pengurangan penggunaan bahan berbahaya dalam industri otomotif modern.

Kata Kunci: kampas rem, serbuk bambu, koefisien gesek, laju aus, FEA, ramah lingkungan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 540 Kimia > 542 Teknik, peralatan dan material kimia
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Am.d Fadni Rozak
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:29
Last Modified: 07 Aug 2025 01:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31520

Actions (login required)

View Item
View Item