2105421020, Raditya Qowidina Kusuma (2025) Pengaruh Digital Marketing dan Kapabilitas Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Kuliner di Kawasan Blok M Jakarta Selatan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Identitas Skripsi (Cover, Bab 1, Bab 5 dan Daftar Pustaka)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(SKRIPSI BAB 1 & 5)_Raditya Qowidina Kusuma_ABT 8A.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(WATERMARK SKRIPSI BAB 2-4)_Raditya Qowidina Kusuma_ABT 8A-23-100.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital marketing dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kuliner di kawasan Blok M Jakarta Selatan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingginya potensi sektor UMKM kuliner di kawasan tersebut, namun masih rendahnya pemanfaatan digital marketing dan kapabilitas pemasaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 150 pelaku UMKM kuliner yang telah menggunakan digital marketing di kawasan Blok M. Analisis data dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai koefisien regresi sebesar 6,004 dan signifikansi < 0,001 < 0,05. Kapabilitas pemasaran juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai koefisien regresi sebesar 2,946 dan signifikansi 0,004 < 0,05. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai Fhitung 19,546 > Ftabel 3,06 dan signifikansi < 0,001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,210 menunjukkan bahwa digital marketing dan kapabilitas pemasaran mampu menjelaskan variasi kinerja pemasaran sebesar 21%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi strategi digital marketing dan peningkatan kapabilitas pemasaran guna mendukung kinerja UMKM kuliner di kawasan urban yaitu Blok M.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 606 Organisasi di bidang teknologi dan ilmu terapan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | ABT D4 RADITYA QOWIDINA KUSUMA |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 12:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 12:13 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31506 |