2104411061, Firda Anggraeni (2025) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Fitur Layanan terhadap Kepuasan Nasabah dalam Peralihan Mobile Banking BSI ke BYOND by BSI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pendahuluan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas (Bagian Identitas Skripsi & Pendahuluan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)_Firda Anggraeni.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi Skripsi (Bab 2 s.d Bab 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Skripsi (Bab 2 s.d Bab 4)_Firda Anggraeni.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Jurnal]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Manuskrip Artikel Jurnal_Firda Anggraeni_2104411061.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (624kB)
Abstrak
Perbankan digital di Indonesia terus mengalami transformasi, termasuk dalam pengembangan layanan mobile banking yang lebih modern dan responsif terhadap kebutuhan nasabah. Salah satu langkah transformasi dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia melalui peluncuran aplikasi BYOND by BSI sebagai pengganti dari mobile banking sebelumnya. Meskipun jumlah pengguna aplikasi meningkat, tingkat kepuasan pengguna masih bervariasi sebagaimana terlihat dari rating 2.8 dari 5 dengan penilaian bintang satu lebih tinggi. Selain itu, ulasan di Appstore juga terlihat bahwa banyak nasabah yang mengeluhkan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan fitur layanan terhadap kepuasan nasabah dalam peralihan ke aplikasi BYOND by BSI. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Jumlah responden sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling, yakni nasabah pengguna aplikasi BYOND by BSI dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan fitur layanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah baik secara parsial maupun simultan. Namun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut terutama dalam hal stabilitas aplikasi dan pendampingan edukatif dalam penggunaan fitur-fitur baru.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email firda.anggraeni.ak21@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:39 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31407 |