2101415007, Muhammad Fatih Asadi Thoriq (2025) ANALISA PILAR JEMBATAN PCI GIRDER AKIBAT PERUBAHAN NILAI MODIFIKASI RESPON TINJAUAN GEMPA PADA STA 6+225 DI JAWA TIMUR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB I & BAB V]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I & BAB V - MUHAMMAD FATIH ASADI THORIQ.pdf
Download (719kB)
![[thumbnail of BAB II - BAB IV]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II - BAB IV - MUHAMMAD FATIH ASADI THORIQ.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB) | Request a copy
Abstrak
Penggunaan faktor modifikasi respon tinjauan gempa pada struktur jembatan dapat
mengakibatkan hasil yang tidak relefan terhadap kondisi aktual. Hal tersebut
berdampak serius pada kapasitas struktur jembatan, keamanan serta keselamatan
pada pengguna jalan. Sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang dengan
melakukan perubahan nilai modifikasi respon menjadi 1,5 yang sebelumnya 3.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur pilar jembatan akibat
perubahan nilai modifikasi tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah
pemodelan struktur jembatan menggunakan aplikasi SAP2000,dengan perubahan nilai faktor R sesuai ketentuan dalam SNI 2833:2016 dan dalam perencanaan struktur tahan gempa nilai modifikasi respon berperan penting dalam menentukan gaya desain seismic yang akan diterima. Studi kasus pada penelitian ini hanya
meninjau satu buah pilar yaitu P1. Penurunan atau peningkatan nilai R dapat mempengaruhi besar gaya gempa yang harus ditahan oleh elemen struktural, terutama pilar sebagai penopang utama beban vertical dan lateral. Hasil analisis dengan bantuan software SAP2000 didapatkan bahwa struktur pilar P1 akibat perubahan nilai modifikasi respon yang sebelumnya menggunakan nilai R=3 senilai 6,57309 ton-meter pada momen 3 kuat 4 lebih besar dari nilai R=1,5 senilai 6,32212 ton-meter pada momen 3 kuat 2, hal tersebut menunjukan bahwa struktur pilar P1 pada saaat nilai modifikasi R=3 menghasilkan niali momen lebih besar dibandingkan saaat nilai modifikasi R=1,5. Hasil perhitungan kebutuhan tulangan baik pada R=3 maupun R=1,5 didapatkan 146 D32, namun berdasarkan referensi gambar shop drawing terpasang 198 D32, sehingga kebutuhan tulangan perlu dilakukan perubahan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Muhammad Fatih Asadi Thoriq |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:38 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:38 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31191 |