2105421059, Trianika Putri Rahmawati (2025) Eksplorasi Blue Ocean Strategy dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung (Studi Kasus: Mall XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Cover, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran, Bab 1, Bab 5, dan Daftar Pustaka]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian 1_Skripsi Trianika Putri Rahmawati_2105421059.pdf
Download (540kB)
![[thumbnail of Bab 2, Bab 3, dan Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagian 2_Skripsi Trianika Putri Rahmawati_2105421059.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (996kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis potensi penerapan strategi Blue Ocean Strategy (BOS) dengan menggunakan kerangka kerja ERRC (Eliminate-Reduce-Raise-Create) dalam meningkatkan daya tarik pengunjung di Mall XYZ. Pada persaingan yang ketat dan perubahan perilaku konsumen pasca-pandemi, strategi diferensiasi menjadi sangat penting bagi pusat perbelanjaan untuk tetap relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam kepada manajemen mall, tenan, dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BOS dapat membantu Mall XYZ menciptakan ruang pasar baru yang belum tergarap, mengurangi ketergantungan pada persaingan langsung dengan mall pesaing, dan meningkatkan daya tarik pengunjung melalui inovasi yang relevan. Elemen-elemen yang perlu dihilangkan dari Mall XYZ meliputi tenan yang tidak relevan dengan kebutuhan pengunjung serta fasilitas yang kurang menarik. Elemen yang perlu dikurangi termasuk area yang tidak nyaman dan frekuensi promosi fisik yang sudah tidak efektif. Peningkatan pelayanan, kenyamanan, dan kualitas acara adalah hal yang perlu ditingkatkan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Sementara itu, elemen-elemen yang perlu diciptakan adalah ruang kerja atau co-working space, toko buku, serta ruang interaktif yang instagramable yang akan menarik pengunjung dari kalangan mahasiswa dan pekerja muda. Oleh karena itu, dalam menerapkan strategi ini, Mall XYZ diharapkan dapat memperkuat posisinya sebagai destinasi lifestyle yang lebih dari sekadar pusat perbelanjaan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi bisnis pusat perbelanjaan dengan fokus pada penciptaan nilai baru dan pengalaman unik bagi pengunjung, serta dapat menjadi referensi bagi pengelola mall lainnya dalam merumuskan strategi yang lebih inovatif dan menarik.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Trianika Putri Rahmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 16:18 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 16:18 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31166 |