Pengaruh E-commerce, Self Assessment System, Tingkat Pendapatan, dan Automatic Exchange of Information Terhadap Niat Penghindaran Pajak Pada Pengusaha E-commerce di Jakarta

2104431036, Vania Yudith (2025) Pengaruh E-commerce, Self Assessment System, Tingkat Pendapatan, dan Automatic Exchange of Information Terhadap Niat Penghindaran Pajak Pada Pengusaha E-commerce di Jakarta. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bab 1 & 5.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (675kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Vania Yudith_AKT_Artikel_SNAM2025.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (285kB)

Abstrak

Pesatnya perkembangan e-commerce telah mengubah pola transaksi dan menimbulkan tantangan baru dalam pengawasan pajak, termasuk potensi meningkatnya niat penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e commerce, self assessment system, tingkat pendapatan, dan automatic exchange of information terhadap niat penghindaran pajak pada pengusaha e-commerce di Jakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada para pengusaha e-commerce. Selain itu, data sekunder juga digunakan, yang diperoleh dari literatur terdahulu dan dokumen resmi dari BPS. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 100 pengusaha e-commerce yang aktif berjualan selama tiga bulan terakhir dan berdomisili di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei menggunakan data primer berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce, self assessment system, dan automatic exchange of information berpengaruh negatif terhadap niat penghindaran pajak, sedangkan tingkat pendapatan tidak berpengaruh positif. Secara simultan, keempat variabel berpengaruh terhadap niat penghindaran pajak. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan terintegrasi dalam mencegah penghindaran pajak di era digital.

Kata Kunci: E-commerce, Self Assessment System, Tingkat Pendapatan, Automatic Exchange of Information, Niat Penghindaran Pajak

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Vania Yudith
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:56
Last Modified: 05 Aug 2025 08:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31010

Actions (login required)

View Item
View Item