PENGARUH HARGA EMAS DUNIA DAN NILAI TUKAR DOLAR TERHADAP PENJUALAN EMAS DI INDONESIA (STUDI KASUS PT ANTAM TBK UBPP LOGAM MULIA)

2104421066, Francisko Januari Hamonangan (2025) PENGARUH HARGA EMAS DUNIA DAN NILAI TUKAR DOLAR TERHADAP PENJUALAN EMAS DI INDONESIA (STUDI KASUS PT ANTAM TBK UBPP LOGAM MULIA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Indentitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 sd 4)..pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Francisko Januari Hamonangan_Manuskrip Artikel (Jurnal) SNAM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (444kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga emas dunia dan nilai tukar dolar terhadap penjualan emas PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena fluktuasi harga emas global dan kurs dolar AS yang dinilai dapat memengaruhi perilaku investasi masyarakat, khususnya dalam pembelian emas. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder mingguan selama tahun 2024, yang mencakup data harga emas dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, dan data penjualan emas PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, variabel harga emas dunia dan nilai tukar dolar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan emas PT ANTAM Tbk UBPP Logam Mulia selama periode penelitian. Temuan ini menunjukkan bahwa fluktuasi dua indikator makroekonomi tersebut tidak secara langsung memengaruhi volume penjualan emas perusahaan. Koefisien determinasi yang rendah mengindikasikan bahwa variabel lain di luar model penelitian lebih dominan dalam menjelaskan perubahan penjualan emas. Berdasarkan kajian pustaka tambahan, faktor-faktor seperti strategi pemasaran, promosi, kualitas pelayanan, literasi keuangan, preferensi konsumen, serta kondisi sosial dan psikologis masyarakat turut memainkan peranan penting dalam memengaruhi keputusan pembelian emas. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih komprehensif dari perusahaan untuk memahami dinamika pasar dan meningkatkan kinerja penjualannya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Francisko Januari
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:50
Last Modified: 05 Aug 2025 02:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item
View Item