PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FITUR CHATBOT PADA E-COMMERCE JASA PERCETAKAN BERBASIS WEBSITE

2107411059, Muhammad Luthfi Pradana (2025) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FITUR CHATBOT PADA E-COMMERCE JASA PERCETAKAN BERBASIS WEBSITE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman identitas.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Bab 2 sampai Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal_Muhammad Luthfi Pradana.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (382kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan fitur chatbot berbasis Large Language Model (LLM) dan teknologi Retrieval-Augmented Generation (RAG) pada website e-commerce jasa percetakan Arthasakti Print. Chatbot dikembangkan untuk memberikan layanan otomatis berupa informasi produk, panduan pemesanan, dan pertanyaan umum guna meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga mengintegrasikan sistem pembayaran digital melalui payment gateway untuk mempermudah proses transaksi pelanggan secara online.Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang mencakup tahapan perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black-box testing, System Usability Scale (SUS), dan evaluasi model chatbot melalui metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score.Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot mampu menjawab pertanyaan dengan akurasi 78,57%, recall 90,9%, presisi 83,33%, dan F1-score 86,96%. Pengujian SUS terhadap 10 responden menghasilkan skor rata-rata 83,25 yang menandakan bahwa sistem cukup mudah digunakan. Sementara itu, hasil UAT menunjukkan rata-rata tingkat kepuasan 96% untuk fitur chatbot dan 77,5% untuk sistem pembayaran. Dengan demikian, implementasi chatbot dan integrasi sistem pembayaran pada website e-commerce ini mampu meningkatkan efisiensi layanan dan pengalaman pengguna dalam proses pemesanan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email muhammad.luthfi.pradana.tik21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2025 13:43
Last Modified: 31 Jul 2025 13:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30640

Actions (login required)

View Item
View Item