PENGARUH SCARCITY MESSAGE, PRICE DISCOUNT, DAN PRODUCT BUNDLING TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA GENERASI Z DALAM LIVE STREAMING SHOPPING DI SHOPEE LIVE

2104421090, Shelli Nofita Sari (2025) PENGARUH SCARCITY MESSAGE, PRICE DISCOUNT, DAN PRODUCT BUNDLING TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA GENERASI Z DALAM LIVE STREAMING SHOPPING DI SHOPEE LIVE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Shelli Nofita Sari_Halaman Identitas Skripsi, Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Shelli Nofita Sari_Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Shelli Nofita Sari_Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (734kB)

Abstrak

Perkembangan fitur live streaming shopping seperti Shopee Live telah mengubah cara konsumen berbelanja secara daring, terutama di kalangan Generasi Z yang dikenal aktif dan responsif terhadap teknologi. Dalam praktiknya, berbagai strategi pemasaran seperti scarcity message, price discount, dan product bundling sering digunakan untuk mendorong perilaku impulsive buying. Respon cepat terhadap penawaran terbatas, potongan harga dalam waktu singkat, serta paket bundling produk menciptakan urgensi dan daya tarik tersendiri bagi konsumen muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 109 responden Generasi Z yang pernah berbelanja melalui Shopee Live. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert, dan data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen impulsive buying dengan bantuan program SPSS26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu scarcity message, price discount, dan product bundling, berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Selain itu, berdasarkan hasil secara simultan juga ketiga variabel menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada Generasi Z dalam live streaming shopping di Shopee Live.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Shelli Nofita Sari
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:58
Last Modified: 04 Aug 2025 01:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item
View Item