2107431014, I Made Arya Wicaksana (2025) Pembuatan Game 2D Edukasi Menggunakan Unity Untuk Pengenalan Bahasa Pemograman C#. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Skripsi dan Bab 5.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of ISI]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (7MB) | Request a copy
![[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal Multinetik - I Made Arya Wicaksana.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (494kB) | Request a copy
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong meningkatnya kebutuhan akan pemahaman dasar pemrograman, termasuk bahasa C#. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep seperti tipe data, conditional statements, looping, hingga object-oriented programming. Untuk mengatasi hambatan tersebut, pengembangan media pembelajaran berbasis permainan edukasi dinilai efektif karena mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Dalam penelitian ini, penulis berperan sebagai pengembang permainan (Game Developer) yang bertugas merancang dan membangun game edukasi 2D berbasis Unity Engine. Game ini dilengkapi sistem interaksi seperti input kode, validasi jawaban, cutscene animasi, sistem penyimpanan, sistem level, dan umpan balik berbasis bintang sebagai penilaian performa. Tahapan pengembangan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang mencakup tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan observasi terhadap mahasiswa semester 4 Politeknik Negeri Jakarta. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa lebih tertarik dan terbantu dalam memahami konsep pemrograman melalui pendekatan gamifikasi ini. Produk akhir berupa game edukasi interaktif yang dapat dijalankan pada platform desktop maupun WebGL.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Kata Kunci Uncontrolled: | Game Developer, Unity, C#, Game Edukasi, GDLC |
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | I Made Arya Wicaksana |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:29 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30348 |