Rafli Azriel, Firdaus (2025) Pembuatan Animasi 2D Untuk Media Edukasi Interaktif Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Identitas Skripsi, Pendahuluan BAB 1 dan Penutup BAB V]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Identitas Skripsi, Pendahuluan (BAB 1), Penutup (BAB V).pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Isi Skripsi ( Bab 2 s_d Bab 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi (Bab 2 s_d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (6MB)
![[thumbnail of Jurnal Multinetics_Rafli Azriel Firdaus]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MULTINETICS_Rafli Azriel Firdaus.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (320kB)
Abstrak
Metode pembelajaran yang pasif dan ketiadaan alat peraga fisik di SDN Duren Sawit 15 melatarbelakangi pembuatan video animasi edukatif "Alat Musikku". Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah video animasi 2D yang layak dan menarik bagi siswa kelas 3 untuk mengenal 10 alat musik tradisional Indonesia. Dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), video ini menyajikan materi melalui narasi, visualisasi instrumen, peta asal, foto penggunaan nyata, dan sampel audio otentik. Pengujian dilakukan melalui Alpha Testing untuk validasi teknis dan Beta Testing untuk uji kelayakan oleh ahli animasi, ahli materi (guru), dan 36 siswa kelas 3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa video ini secara teknis solid dan bebas dari kesalahan rendering. Selain itu, media ini terbukti sangat layak dan diterima dengan baik oleh seluruh kelompok penguji. Kelayakannya divalidasi melalui penilaian kualitatif "sangat baik" dari ahli animasi dan ahli materi. Penerimaan dari siswa sebagai pengguna utama juga terbukti sangat tinggi, dengan skor indeks rata-rata keseluruhan dari kuesioner mencapai 84,94%, yang masuk dalam kategori 'Sangat Setuju'. Penelitian ini membuktikan bahwa video animasi "Alat Musikku" adalah solusi yang berhasil dikembangkan, solid secara teknis, dan teruji sangat layak untuk menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Rafli Azriel Firdaus |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 05:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 05:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30312 |