PERANCANGAN KATALOG PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM ALKAYYISA

5017020063, Nadya Aisyah Azaranza Rizky Febrianti (2021) PERANCANGAN KATALOG PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM ALKAYYISA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluandanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (308kB)

Abstrak

Katalog memiliki arti daftar barang yang dilengkapi dengan nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya. Katalog merupakan salah satu sarana media promosi yang efektif karena dapat menarik banyak konsumen. Alkayyisa adalah salah satu UMKM yang bergerak dibidang fashion muslim yang berdiri sejak tahun 1997 dan berlokasi di Bandung Barat, Jawa Barat. Alkayyisa memiliki beragam macam produk pakaian muslim seperti baju koko untuk pria, gamis untuk pria maupun wanita dan pakaian muslim untuk anak. Tidak hanya pakaian, Alkayyisa juga memiliki produk mukena yang sudah didistribusikan ke negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Namun, sampai saat ini Alkayyisa belum memiliki katalog yang berisikan produk-produk dari Alkayyisa. Hal ini merupakan suatu kesulitan bagi calon pembeli untuk mengetahui detail dari produk yang ditawarkan Alkayyisa tersebut. Selama ini, Alkayyisa hanya mengandalkan smartphone sebagai katalog mereka. Perancangan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi dengan upaya merancang katalog produk yang sesuai dalam memberikan informasi mengenai produk UMKM Alkayyisa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan studi literasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Setelah data terkumpul, lalu data-data tersebut dianalisa melalui proses analisis SWOT dan STP yang selanjutnya akan disimpulkan menjadi arahan kreatif. Setelah dibuat arahan kreatif, dilakukan brainstorming untuk mendapatkan konsep visual berupa mindmap. Lalu dari konsep tersebut dibuatkan sebuah moodboard visual yang akan menjadi acuan untuk pembuatan sketsa dan desain komprehensif. Hasil akhir penelitian berupa katalog produk dan media pendukung dari UMKM Alkayyisa.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Nadya Aisyah Azaranza Rizky Febrianti
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:46
Last Modified: 20 Sep 2021 03:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item
View Item