ANALISIS PENGARUH PROMOSI SEABANK X SHOPEE DAN REFERRAL SEABANK TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING SEABANK (STUDI KASUS PENGGUNA SEABANK DI JABODETABEK)

2104421040, Anggi Diah Purwitasari (2025) ANALISIS PENGARUH PROMOSI SEABANK X SHOPEE DAN REFERRAL SEABANK TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING SEABANK (STUDI KASUS PENGGUNA SEABANK DI JABODETABEK). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Anggi Diah_Halaman Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Anggi Diah_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (973kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Anggi Diah_Manuskrip.pdf

Download (493kB)

Abstrak

Pertumbuhan penggunaan bank digital di Indonesia menunjukkan tren yang signifikan, terutama di kalangan generasi muda yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan layanan keuangan. Untuk menghadapi persaingan, bank digital menggunakan strategi kolaborasi dengan e-commerce dan referral untuk menarik minat nasabah baru. Promosi Seabank X Shopee adalah strategi promosi buka rekening melalui platform Shopee, sedangkan referral Seabank strategi promosi yang mengandalkan rekomendasi pengguna untuk menarik pengguna baru. Minat membuka rekening mengacu pada kesediaan untuk menggunakan layanan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi Seabank X Shopee dan Referral Seabank terhadap minat membuka rekening Seabank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pengumpulan data primer dengan penyebaran kuesioner kepada 140 responden. Data diambil menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS yang diolah menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan kedua variabel independen, yaitu promosi Seabank X Shopee dan Referral Seabank berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, yaitu minat membuka rekening. Temuan ini menunjukkan bahwa promosi berkontribusi dalam meningkatkan minat membuka rekening bank digital, namun hanya terbatas pada responden di Jabodetabek sehingga hasilnya belum mewakili seluruh nasabah Seabank di Indonesia.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Anggi Diah
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:09
Last Modified: 31 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item
View Item