2104431123, Muhammad Daffa Aditya (2025) PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI JAKARTA SELATAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)).pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)).pdf
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini berniat untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman perpajakan, mutu pelayanan dari petugas pajak (fiskus), serta penerapan sanksi perpajakan memengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di wilayah Jakarta Selatan. Pendekatan yang digunakan bersifat kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada responden yang merupakan wajib pajak orang pribadi. Proses pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan 100 responden yang data jawabannya layak untuk dianalisis. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, dan sanksi perpajakan masing – masing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berkontribusi secara nyata terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 39,4% sementara sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh elemen lainnya diluar model penelitian ini.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Akuntansi D4 |
User ID Pengunggah: | Muhammad Daffa Aditya |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29833 |