2202311009, RAHMAD HIDAYAT (2025) STUDI KASUS PENYEBAB KERUSAKAN RODA KERETA PADA BOOGIE TIPE TB-398 DI PT KERETA API INDONESIA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB 1 DAN BAB 5.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 DAN BAB 5.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB 2,3, DAN 4.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2,3, DAN 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of MANUSKRIP JURNAL_RAHMAD HIDAYAT.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MANUSKRIP JURNAL_RAHMAD HIDAYAT.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (824kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kerusakan roda pada boogie tipe TB-398 di PT Kereta Api Indonesia dan dampaknya terhadap sistem operasional kereta api. Kerusakan roda kereta dapat mempengaruhi kinerja dan keselamatan operasional kereta, sehingga penting untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini.Dalam perumusan masalah, penelitian ini mengidentifikasi kerusakan roda kereta api menggunakan diagram tulang ikan (Fishbone), termasuk pengaruh kerusakan roda terhadap sistem operasional kereta api dan alasan di balik peningkatan signifikan tingkat kerusakan roda dalam tiga bulan terakhir Data yang dikumpulkan akan dianalisis untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan langkah-langkah perawatan yang diperlukan.Roda kereta, yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi, dirancang untuk menahan tekanan dan gesekan yang tinggi selama perjalanan. Setiap roda memiliki profil khusus dengan flensa yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kereta di jalur. Penelitian ini juga akan membahas komponen penting dari perangkat roda, termasuk hub yang berfungsi sebagai penyokong utama roda. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik mengenai penyebab kerusakan roda dan dampaknya terhadap operasional kereta api, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pencegahan kerusakan di masa mendatang. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada pemahaman teknis mengenai roda kereta, tetapi juga pada peningkatan keselamatan dan efisiensi sistem perkeretaapian di Indonesia.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 385 Transportasi kereta api 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya Dokumen Internal PNJ |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | A.md Rahmad Hidayat |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:14 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:14 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29552 |